Mengenal 'Kontrak' dalam NBA seperti supermax, player option, dan lain-lain


Sebagai pusat olahraga basket terbesar di dunia, NBA terus berkembang dari tahun ke tahun baik dari segi permainan maupun sistem yang mengatur didalamnya. Oleh karena itu, dengan status liga basket terbesar tentunya NBA harus mempunya sistem yang dapat mengatur sistem kontrak yang sesuai tanpa merugikan semua elemen yang terlibat, baik pihak klub maupun pemain. Untuk itu tripledouball coba menjabarkan secara singkat beberapa hal yang berkaitan dengan kontrak di NBA.


Baca juga: Sistem Trade di NBA, Bagaimana aturannya?


  1. Player Option, ini adalah sebuah opsi dalam kontrak pemain. Dengan Opsi ini, pemain memiliki kemampuan untuk menentukan masa depannya bersama suatu tim. Dengan Player Option, pada 1 tahun jelang kontrak si pemain habis, pemain akan memutuskan, akan mengambil kontrak tersebut, atau tidak. Jika tidak, maka pemain tersebut menjadi Free Agent. Pemain yang menjadi Free Agent ini bisa bebas bernegosiasi dengan tim manapun termasuk tim sebelumnya.

  2. Team Option, untuk klausul ini merupakan kebalikan dari Player Option. Dengan Opsi ini, Suatu tim memiliki kemampuan untuk menentukan masa depan pemainnya di sisa 1 tahun kontraknya.

  3. 10 Days Contract,  yaitu kontrak selama 10 hari. Biasanya ini dilakukan suatu tim untuk melihat kecocokan pemain tersebut dengan Tim, sebelum dikontrak dengan kontrak lebih panjang. Atau untuk menutupi kehilangan pemain yang sedang dilanda cedera ringan. Seperti yang kita ketahui, dalam 10 hari suatu tim bisa bermain 6 sampai 8 kali. Contohnya yaitu pada musim 2019-2020 pemain dengan 10 Days Contract adalah Jeff Green, tapi akhirnya diperpanjang hingga akhir musim bersama Rockets.

  4. Waived. merupakan kondisi Tim melepas pemain dengan membayar sisa kontraknya. Jika tim lain mengambil pemain Waived dalam kurun 48 jam setelah di waived, tim tersebut akan meneruskan kontrak pemain, jika lewat 48 jam, tim dan Waived Player bisa bernegosiasi. Sedangkan Buyout adalah persetujuan pemain dengan tim untuk memutuskan kontrak.

  5. Max Contract,  adalah pemberian kontrak maksimum 5 tahun bersama tim saat ini atau 4 tahun bersama tim baru yang bisa diberikan untuk seorang pemain, dengan gaji sesuai dengan pencapainya (pernah MVP, DPOY, dll) semakin banyak capainnya, semakin besar kontraknya. Namun untuk memberi nilai lebih bagi tim tempat si pemain bernaung, selain durasi kontrak yang lebih panjang 5 tahun, gaji yang dapat ditawarkan juga lebih besar jika dibanding dengan tim lain.

  6. Minimum Contract  adalah gaji minimum yang sudah ditentukan oleh CBA dan tidak tergantung pada batasan gaji.

  7. Supermax Contract. Sedikit berbeda dengan Maximum Contract, supermax jauh lebih besar dari maximum yang disebutkan diatas, namun syaratnya kontrak ini hanya berlaku untuk pemain yang sudah bermain minimal selama 7 musim bersama tim yang men-draftnya dan sudah pernah mendapatkan MVP, atau DPOY, atau masuk All-NBA team. Ini bertujuan agar tim yang men-draft memiliki nilai lebih dibanging tim lain. Contoh pemain dengan supermax yaitu, Russell Westbrook, James Harden, John Wall, Stephen Curry, Damian Lillard, dan Giannis Antetokounmpo.

Dan untuk kontrak di NBA sendiri tidak ada kenaikan gaji secara langsung. Untuk contoh gampangnya, jika di sepakbola saat Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus, maka kontrak baru akan dibuat. Atau saat Lionel Messi memperbarui kontraknya untuk kenaikan gaji, maka kontrak baru dengan gaji baru tersebut langsung berlaku dimusim baru dan menggunggurkan kontrak sebelumnya. Sedangkan di NBA agak berbeda, jika pemain memiliki kontrak tersisa 3 tahun, lalu pindah melalui trade, maka kontrak tersebut dilanjutkan oleh tim baru sang pemain. Dan jika pemain tidak mengambil player option yang disebutkan diatas, belum tentu si pemain ingin meninggalkan tim tersebut, bisa saja untuk mendapatkan kenaikan nilai kontrak yang jauh lebih tinggi untuk musim baru tanpa harus menunggu setahun kontrak tersisa tersebut habis.

Mengenal 'Kontrak' dalam NBA seperti supermax, player option, dan lain-lain Mengenal 'Kontrak' dalam NBA seperti supermax, player option, dan lain-lain Reviewed by tripledouball on Februari 18, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar