Kesulitan James Harden tanpa Kyrie Irving di Brooklyn Nets


Brooklyn Nets mengalami kekalahan pagi ini atas Phoenix Suns 113-107 yeng merupakan kemenangan ke-16 Suns secara beruntun. Setelah kekalahan tersebut, James Harden mengungkapkan kekecewaannya saat berbicara didepan media sekaligus menjelaskan penambahan peran dirinya dengan tidak adanya Kyrie Irving yang masih belum memenuhi syarat (vaksin) untuk bermain.


“Saya mencoba untuk mencari tahu (peran saya sekarang). Mencoba mencari tahu kapan harus mencetak poin, kapan harus menjadi playmaker, kapan harus menyerang, kapan harus melakukan segalanya. Saya masih mencoba untuk mencari tahu (peran tersebut) namun agak sulit, terutama karena anda tahu (sulit karena tidak adanya Kyrie)." Ucap Harden melalui clutchpoints.


Absennya Kyrie Irving tentunya membuat peran Harden semakin bertambah sebagai playmaker meskipun saat ada Kyrie pun dirinyalah playmaker utama Brooklyn Nets. Hal tersebut cukup beralasan karena sebelumnya dengan adanya Kyrie ditambah adanya Kevin Durant tentunya membuat dfense tim lawan menjadi terpecah terbagi ke orang pemain berlevel All-Star. 


Musim ini James Harden memang belum menjadi dirinya seperti saat bersama Rockets, dimana statistiknya turun menjadi 20.7 poin dengan akurasi hanya 41% sejauh ini. Kevin Durant sebagai salah satu kandidat MVP musim ini sekaligus rekan Harden ditanya tentang apakah Harden harus memainkan lebih banyak peran sebagai pencetak poin atau playmaking, Durant menjelaskan dari perspektifnya bahwa kedua hal tersebut (playmaking dan mencetak poin) bisa dilakukan oleh keduanya secara bervariasi.


Dengan adanya Kyrie Irving tentunya membuat Brooklyn Nets jauh lebih mengerikan seperti musim lalu, karena tim lawan akan menghadapi 3 pemain berlevel All-Star dalam waktu bersamaan yang memiliki kemampuan mencetak poin yang sama bagusnya. Namun hal itu agak sulit untuk kembali melihat mereka bermain bersama, setidaknya hingga saat ini. Karena mandat dari pemerintah New York (lokasi kandang Nets) mewajibkan pemain untuk divaksin sebagai syarat bermain dikandang.


Syarat tersebut itulah yang mengahalangi Kyire untuk bermain karena dirinya masih belum bersedia untuk divaksin. Sebenarnya Kyrie bisa saja bermain ketika ketika Nets bermain tandang (selain Knicks karena di New York juga) akan tetapi sebagai bentuk keadilan bagi seluruh pemain di dalam tim, maka Brooklyn Nets memutuskan tidak memberi perlakuan spesial pada Kyrie Irving dan membekukan dirinya hingga sampai nanti divaksin.

Tidak ada komentar