Aturan Baru NBA jadi penyebab turunnya persentase three-point?

Aturan baru NBA untuk James Harden


Sejauh musim ini berjalan terkuak fakta bahwa musim ini menjadi musim dengan persentase three-point terendah sejak garis three-point ditambahkan dalam permainan ini. Beberapa pemain ada yang beralasan hal itu dikarenakan adaptasi terhadap bola baru Wilson menggantikan bola Spalding meskipun hal itu dibantah oleh superstar Brooklyn Nets, Kevin Durant.


Namun apakah sepenuhnya itu benar? belum tentu. Bisa saja hal yang mempengaruhi hal tersebut adalah aturan baru yang diterapkan NBA mengenai draw foul usai banyak protes mengenai foul untuk gerakan non-basketball.


Yang paling bersuara keras tentunya pelatih Brooklyn Nets, Steve Nash yang mengecam Trae Young yang sering mencari foul dengan gerakan yang dianggap bukan gerakan basket saat Atlanta Hawks menghadapi Brooklyn Nets musim lalu.


Untuk menyikapi hal tersebut, NBA akhirnya mengeluarkan beberapa aturan baru diantaranya:


  • Pertama. Pada play ini akan menghasilkan no-call, karena pemain ofensif sengaja bersandar pada pemain defensif (pada sudut yang tidak ‘normal’) tetapi kontaknya kecil.



  • Selanjutanya, offensive foul dilakukan pada play ini. Karena pemain yang ofensif menggunakan bahu dan pinggul kanannya untuk menjatuhkan pemain defensif dan pemain ofensif mendarat di posisi yang tidak normal.



  • Terakhir, play ini tidak akan menghasilkan call karena pemain ofensif mengaitkan lengan dengan sengaja (dalam proses melakulan shooting secara tiba-tiba).


Dengan aturan baru ini NBA dan Fans tentu berharap permainan jadi lebih menarik dibanding sebelumnya dimana pertandingan sering terhenti untuk menyaksikan free-throw yang sangat banyak.



Tidak ada komentar