Chris Paul, "Joki" Playoffs yang belum meraih cincin juara

 

Chris Paul saat ini menjadi Point Guard di tim Phoenix Suns


Christopher Emmanuel Paul, adalah pemain basket professional Amerika angkatan NBA Draft tahun 2005. Ia dipilih pada nomer ke-4 round pertama oleh tim New Orleans Hornets. Di musim pertamanya di NBA, ia sudah mencatatkan statistik yang mengesankan dengan memimpin rookie dalam perolehan points,assists,steal, dan double-double. ia mencatatkan 16.1 PPG, 5.1 RPG, 7.2 APG dan dinobatkan sebagai Rookie of the Year. 


Karir Chris Paul menjadi pemain dengan kaliber superstar dimulai pada tahun 2007. Pada tahun itu ia terpilih untuk pertama kalinya masuk ke dalam NBA All Star game. pada tahun tersebut ia juga memimpin dalam perolehan assists pergame dengan 11.6 Assists pergame dan 2.7 Steals pergame serta 21.1 Points pergame. Pada tahun 2011, terbentuklah "Big 3" Los Angeles Clippers, Chris Paul, Blake Griffin, dan Deandre Jordan. Clippers pada masa itu memiliki julukan "Lob City". 


Chris Paul di New Orleans Hornets


Mengapa Chris Paul sering disebut "Joki" Playoffs ? karena ia berhasil membawa tim yang ia tempati melaju ke Playoffs. Membawa New Orleans Hornets ke playoffs tiga kali yaitu pada tahun 2008,2009 dan 2011. Saat di Clippers, ia berhasil memimpin Clippers melaju ke playoffs selama 5 musim berturut-turut, dari tahun 2012-2017. Namun sayang langkah nya untuk melaju ke NBA Finals selalu terhenti di tengah jalan. Musim NBA 2018-2019, ia berada di tim Houston Rockets dan lagi-lagi berhasil membawa timnya ke Playoffs namun kembali gagal untuk melaju ke NBA Finals. begitupula saat musim 2020 ia berhasil membawa Oklahoma City Thunder ke Playoffs namun harus kalah di round pertama oleh Houston Rockets.


Musim 2020-2021, ia memiliki kesempatan besar untuk meraih cincin juara karena berhasil membawa Phoenix Suns, tim yang sebelum kedatangannya merupakan tim biasa-biasa saja bahkan selalu berada di peringkat bawah, menuju ke NBA Finals. Namun, kesempatannya mengangkat piala NBA harus gagal oleh Milwaukee Bucks yang dipimpin oleh Giannis Antetoukounmpo dengan kalah dalam 6 games. 


Chris Paul mampu merubah tim yang tadinya biasa-biasa saja menjadi tim yang memiliki chemistry yang kuat dengan leadership yang dimilikinya. Ia juga penembak midrange yang sangat baik, memiliki vision yang luas di lapangan serta playmaking yang sangat mumpuni yang menjadikannya salah satu point guard terbaik dalam sejarah NBA. Akankah Chris Paul dapat meraih cincin juara sampai akhir karirnya ?


Tidak ada komentar