John Stockton, Pemegang rekor Asisst dan Steal terbanyak dalam sejarah NBA

 

John Stockton



John Stockton adalah Point guard asal Utah Jazz yang menghabiskan sepanjang karirnya berada di tim Utah Jazz. Ia adalah salah satu point guard terbaik dalam sejarah NBA karena kemampuan passing serta playmaking nya di atas rata-rata pemain pada umumnya. duet nya bersama Karl Malone di Utah Jazz juga merupakan salah satu duet pemain terbaik dalam sejarah NBA. Ia berkarir di NBA dari tahun 1984 hingga tahun 2003. 


John Stockton adalah pemegang dua rekor sekaligus yaitu rekor assist terbanyak dan rekor steal terbanyak. Sepanjang karirnya, Ia mencetak total 15.806 assist dan rekor tersebut belum terpecahkan sampai sekarang. Pemain aktif yang mendekati rekor John Stockton adalah Chris Paul namun itupun masih terpaut 5000 lebih assist. Chris Paul berada di posisi ketiga pencetak assist terbanyak dengan mencetak 10.591 Assists. John Stockton juga pemegang rekor steal terbanyak dengan mencatatkan total 3.265 Steals sepanjang karirnya. Pemain aktif yang berada di dekat rekor Stockton dalam steal adalah Chris Paul juga, namun masih terpaut sangat jauh yaitu 871 Steals.


John Stockton



John Stockton adalah angkatan NBA Draft tahun 1984. Ia satu angkatan dengan legenda basket lain seperti Michael Jordan, Charles Barkley dan Hakeem Olajuwon. Ia dipilih pada ronde pertama NBA Draft 1984 urutan ke-16 dan dipilih langsung oleh Utah Jazz. Ia mulai menjadi point guard utama Utah Jazz pada musim 1987-1988. Musim itu juga merupakan musim pertamanya terpilih sebagai NBA All Star dan menjadi Assist pergame leader hingga 9 musim berturut-turut ke depan. Pada 15 Januari 1991, ia mencatatkan sejarah tim Utah Jazz dengan mencetak assist terbanyak dalam satu game yaitu dengan 28 Assists.

Duet John Stockton dan Karl Malone berhasil membawa Utah Jazz masuk ke NBA Finals pada musim 1997 dan musim 1998 namun dua-duanya harus dikalahkan legenda NBA, Michael Jordan yang pada saat itu sedang jaya-jayanya. John Stockton meraih 10 kali penampilan All Star, dua kali masuk All-NBA First Team, 9 kali NBA Assists Leader dan 2 kali NBA Steals Leader. Nomor punggung nya (12) dipensiunkan oleh Utah Jazz untuk mengenang jasa-jasa nya dalam franchise tim Utah Jazz.

Tidak ada komentar