King of Skyhook

 

Kareem Abdul-Jabbar




Jika anda melihat gerakan di atas, apakah anda tahu nama gerakan tersebut? Gerakan tersebut adalah signature move milik legenda hidup NBA, Kareem Abdul-Jabbar. Kareem adalah salah satu Center paling dominan dalam sejarah NBA, ia juga adalah pemegang rekor pencetak point terbanyak dalam sejarah NBA. Ia total mencetak 38,387 Points. Pemain aktif yang mendekati rekornya adalah Lebron James di posisi ketiga dengan 36,038 Points. terpaut 2000 points lebih. Kareem dikenal dengan gerakan Skyhook nya yang sangat sulit diantisipasi oleh Center lawan.


Kareem lahir pada 16 April 1947 di kota New York. Dengan tinggi 218 cm dan berat 102 kg, ia memiliki tubuh yang sangat ideal untuk ukuran Center. Dengan postur tersebut, wajar jika ia adalah salah satu Center paling dominan dalam sejarah olahraga basket. Ia menghabiskan karirnya di NBA selama 20 tahun di dua tim yaitu Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers. Dari awal karir hingga akhir karirnya, Kareem selalu menggunakan no Punggung 33 yang membuat nomor 33 dipensiunkan oleh Lakers dan Bucks untuk menghormati jasa-jasanya.


Kareem Abdul-Jabbar



Kareem masuk NBA pada NBA Draft angkatan tahun 1969 di ronde pertama pilihan pertama dan ia dipilih oleh Milwaukee Bucks. di musim pertamanya di NBA, Kareem sudah menunjukkan bahwa ia adalah pemain yang sangat menjanjikan. Musim pertamanya di NBA, ia berhasil membawa Bucks ke babak Playoffs. Sebelum kedatangan Kareem, Bucks hanya mampu meraih 27 kali kemenangan dan 55 kali kalah. Setelah Kareem datang ke Bucks, Bucks langsung berada di peringkat kedua dengan 56 kali menang dan 26 kali kalah. Di musim pertamanya sebagai rookie, ia mencatatkan statistik yang sangat fantastis dengan 28.8 Points pergame, 14.5 Rebounds pergame dan 4.1 Assists pergame. Kareem pun diberikan penghargaan sebagai Rookie of the Year karena permainan hebatnya.


Tahun 1971, ia bersama superstar Oscar Robertson berhasil membawa Milwaukee Bucks meraih trofi NBA. Pada era tersebut, Kareem dan Oscar adalah duet yang mematikan. Kareem total meraih enam kali juara NBA, yakni pada tahun 1971, 1980, 1982, 1985, 1987. dan 1988. Lima kali juara ia raih bersama Los Angeles Lakers dan pada era 80-an Kareem bermain bersama pemain hebat lain yaitu Magic Johnson. Selama 20 tahun Kareem berkarir di NBA, ia meraih penghargaan enam kali MVP NBA, dua kali NBA Finals MVP, 19 kali penampilan NBA All Star, 10 kali masuk All NBA First team, dua kali NBA Scoring champion dan masih banyak lagi. Kareem total mencetak 38,387 Points (1st di NBA), 17,440 Rebounds (3rd di NBA), dan 3,189 Blocks (3rd di NBA).

Tidak ada komentar