Thomas Cup, Kejuaraan bergengsi olahraga bulutangkis

 

Thomas Cup




Thomas Cup adalah kejuaraan bulutangkis berskala Internasional untuk beregu putra yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pada awalnya, kejuaraan ini diadakan tiga tahun sekali. namun semenjak tahun 1982 hingga sekarang, Thomas Cup diadakan setiap dua tahun sekali. Thomas Cup adalah kejuaraan bulu tangkis tertua yang diadakan oleh BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia). Nama kejuaraan ini diambil dari nama Legenda Bulu Tangkis Inggris sekaligus mantan Presiden BWF, Sir George Alan Thomas. 


Thomas Cup pertama kali diadakan pada tahun 1948-1949. Saat itu kejuaraan ini diikuti oleh 10 negara: Kanada, Denmark, Prancis, Irlandia, Bosnia, Amerika Serikat, India, Malaysia dan Swedia. Sepanjang sejarah Kejuaraan ini diadakan, hanya lima negara yang pernah menjadi juara: China, Malaysia, Indonesia, Jepang dan Denmark.


Thomas Cup yang pertama sebenarnya akan diadakan di tahun 1941-1942, namun harus ditunda disebabkan oleh Perang Dunia ke-2. Impian Sir George Thomas akhirnya terwujud di tahun 1948-1949, dimana 10 negara ikut berpartisipasi dalam Thomas Cup yang pertama. Sejak kejuaraan ini diadakan, Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengangkat piala. Indonesia total berhasil meraih 14 kali gelar di Thomas Cup dan gelar ke-14 diraih pada Thomas Cup 2020 dimana sebelumnya Indonesia sudah puasa gelar selama 19 tahun.

Tidak ada komentar