13 Januari 1999: Perpisahan Terhebat yang Kedua

Sumber: Bleacher report

Setiap pertemuan, akan bermuara pada perpisahan, demikian kutipan tentang keniscayaan sebuah perpisahan yang seringkali kita dengar. Hal yang sama tentunya dapat kita temukan dalam olahraga basket yang kita cintai. Pemain yang baru saja masuk ke NBA tahun ini, suatu hari nanti akan pensiun dan berpisah dengan NBA.


Hal yang sama juga terjadi pada 13 Januari 1999, sebuah pengumuman dari salah satu pemain terhebat sepanjang masa -jika bukan yang terbaik-. Setelah mendapatkan three-peat keduanya, Michael Jordan memutuskan untuk berpisah dengan olahraga yang membesarkan namanya.


Pensiunnya Jordan kali ini merupakan yang kedua. Jika sebelumnya ia pensiun dengan alasan meninggalnya sang ayah, maka kali ini, perginya Phil Jackson menjadi alasan. Phil adalah pelatih yang sangat dihormati oleh Jordan dan mampu mengatur para pemain Bulls kala itu.


Perginya sang pelatih disebabkan pertengkaran antara Phil Jackson dengan pemilik Jerry Krause. Setelahnya, Jordan pun mengeluarkan pernyatan bahwa ia tidak akan bermain untuk pelatih selain Jackson. Ia kehilangan dorongan untuk terus dapat bermain di level tertinggi.


Perpisahan ini pun jadi lembar akhir dari petualangan Michael Jordan di NBA setelah 6 gelar juara, 5 MVP, serta gelar-gelar individual hebat lainnya. Kejayaan yang telah diukir Jordan pun hingga hari ini senantiasa akan terus diwariskan. Meski sempat melanggar perkataannya untuk tidak kembali, Jordan tetaplah akan menjadi yang terbaik di hati banyak orang. 

Tidak ada komentar