26 Januari 1977: Fly For 4 Decades

Sumber: ESPN

"Lets go home! Lets go home! Ladies and gentleman!"


Demikian salah satu petikan dari reaksi Kenny Smith saat menonton Slam Dunk Contest 2000. Berlari dari sisi kiri ring, pemain Raptors mengambil ancang-ancang untuk melompat, dan BANG! Ikonik. Pemain yang melakukannya adalah seorang Vince Carter.


Terpilih di urutan 5 pada NBA Draft 1998, pria kelahiran 26 Januari 1977 ini merupakan seorang pemain yang bisa bermain di posisi 2 atau posisi 3. Sepanjang kariernya, ia sudah bermain bersama 8 tim berbeda dan mencetak total 25.728 poin, dengan rataan per pertandingan 16,7 poin.


Hal yang membuat Carter menjadi demikian spesial adalah bagaimana ia bisa menyuguhkan penampilan dunk-dunk keren yang memanjakan mata dan memancing keriuhan penonton yang hadir di arena pertandingan. Puncaknya terjadi pada NBA Slam Dunk Contest tahun 2000 di mana ia berikan penampilan dunk yang ciamik nan memukau para penonton yang hadir. 


Sumber: -

Selepas dirinya berpisah dengan Raptors, tim pertamanya dan juga tinggalkan tim keduanya, New Jersey Nets, Vince "Air Canada" Carter akhirnya menjadi seorang pemain petualang yang gemar berganti-ganti jersei. Setidaknya, ia pernah bermain untuk 8 tim, yaitu Toronto Raptors, New Jersey Nets, Orland Magic, Phoenix Suns, Dallas Mavericks, Memphis Grizzlies, Sacramento Kings, dan terakhir di Atlanta Hawks.


Setelah sekian kali gonta ganti tim, pada musim 2019-2020 akhirnya ia putuskan untuk sudahi semua perjalanannya. Di umurnya yang sudah 43 tahun, ia menjadi satu-satunya pemain yang pernah bermain di 4 dekade berbeda, 1990-an, 2000-an, 2010-an, dan 2020-an. Ia pernah melawan Michael Jordan, Shaquille O'Neale, Kobe Bryant, hingga LeBron James.


Lucunya, di tim terakhirnya ia bertemu dengan Trae Young, seorang pebasket kelahiran 19 September 1998. Pada saat itu lahir ke dunia, saat itu pula Carter sudah bermain di NBA. Meski belum sempat merasakan manisnya juara, setidaknya ia sudah pernah merasakan emas olimpiade dan kenangan akan dunk-nya akan senantiasa jadi kenangan tersendiri.

Tidak ada komentar