"Bad Boys" Pistons

 

Bad Boys Pistons



Jika kamu menelusur lebih dalam NBA era 1988-1990, kalian pasti tidak asing dengan sebutan "bad boys" Pistons. Bad Boys Pistons adalah era kejayaan tim Detroit Pistons pada musim NBA 1988-1989 dan 1989-1990. dalam kurun waktu tersebut, mereka berhasil menahan sang legenda olahraga basket, Michael Jordan untuk meraih cincin juara. Pistons pada era tersebut berhasil menahan dominasi Jordan dan menahan Jordan untuk melaju ke NBA Finals. 


Awal mula Bad Boys Pistons terbentuk ialah pada tahun 1981. Jurnalis olahraga Perry.A Farrel dalam Tales From the Detroit Pistons (2004) mencatat, pada 1981 Pistons mendapatkan Guard Isiah Thomas. Lalu setahun kemudian mereka mendapatkan Center dari Cleveland Cavaliers, Bill Laimbeer. Chuck Dali datang pada 1983 sebagai pelatih. Kombinasi dari ketiganya belum cukup matang kala itu. Tahun 1985, Pistons kedatangan Joe Dumars dan Rick Mahorn. Setahun berikutnya, Giliran Dennis Rodman dan John Salley yang bergabung dengan Pistons.


Michael Jordan vs Bad Boys Pistons



Ada yang menarik dari duel sengit antara Bulls dan Jordan dengan Bad Boys Pistons saat itu. Ketika kedua tim tersebut bertemu di babak Playoffs, Pelatih Pistons Chuck Daly memberi Instruksi kepada para pemain untuk menerapkan "JORDAN RULES". Tulisan itu ditulis dengan huruf kapital oleh Chuck Daly yang menunjukkan betapa seriusnya instruksi tersebut. Lalu apa itu Jordan Rules? Jordan Rules adalah sistem defense yang dibuat khusus oleh Chuch Daly untuk menjaga Jordan agar tidak banyak mencetak Point. Para pemain yang menjaga Jordan akan membatasi gerak Jordan sehingga memaksa ia untuk memberikan operan.


Strategi tersebut bisa dibilang berhasil meredam dominasi Jordan dalam mencetak Points. Terbukti dengan Bad Boys Pistons berhasil menggagalkan Bulls melaju ke NBA Finals selama tiga musim berturut-turut dari tahun 1988 hingga 1990. Playoffs 1988 Pistons mengalahkan Bulls 4-1, Playoffs 1989 Pistons mengalahkan Bulls 4-2 dan Playoffs 1990 Pistons mengalahkan Bulls di Final Wilayah dengan 7 game sengit (4-3). Permainan keras yang ditampilkan Pistons saat itu membuatnya memiliki julukan "Bad Boys Pistons"



Tidak ada komentar