Geliat Manga Basket

Sumber: Worth Point

Komik di negara Jepang atau biasa disebut sebagai manga merupakan salah satu jenis industri hiburan yang senantiasa melahirkan cerita-cerita yang menarik. Tidak hanya dari segi penyampaian cerita, komik di Jepang juga bisa menarik perhatian karena beragamnya genre yang dibawa.


Berbeda dengan komik Amerika yang lazimnya mengambil genre kekuatan super dan bercerita tentang pahlawan, Jepang memiliki topik dan genre yang jauh lebih luas. Salah satu genre manga yang tidak jarang dibuat oleh para kreator asal negara Paman Sam adalah olahraga.


Menariknya, Jepang bukan merupakan negara yang akrab dengan prestasi dari bidang olahraga. Namun, mereka memperlihatkan bahwa dengan kampanye olahraga lewat komik, akan ada ketertarikan yang ditanamkan tanpa sadar kepada para pembaca yang umumnya ditujukan kepada anak-anak yang menjelang usia remaja dan para pemuda usia belasan hingga 20-an.


Walau kalah populer dari komik sepakbola seperti Tsubasa, Giant Killing, atau Shoot, nyatanya komik olahraga terlaris sepanjang masa justru mengambil tema seputar basket, Slam Dunk. Cerita yang disajikan para penulis umumnya mengambil cerita di masa SMA dan ekskul di sekolah.


Sumber: Komik Slam Dunk


Tidak hanya Slam Dunk yang ditulis oleh Takehiko Inoue, karya lain yang pernah dibuat sang mangaka berjudul Real. Walau sama-sama mengambil basket sebagai cerita utamanya, Real membawa kisah yang lebih serius dan dalam, tentang basket kursi roda.


Di samping dua karya Takehiko Inoue, ada pula nama lain seperti Kuroko no Basketball, Dear Boys, Harlem Beat, hingga Ahiru no Sora yang sama-sama mengangkat olahraga basket sebagai pembahasan utama dalam ceritanya. 


Kehadiran manga-manga tersebut pada akhirnya menjadi sebuah warna tersendiri dalam menyajikan variasi bacaan kepada masyarakat Jepang. Tidak hanya sekadar jadi objek kegiatan membaca, komik pun bisa menjadi sarana mencari inspirasi untuk kalangan pemuda untuk dapat bisa lebih aktif dalam mengembangkan kemampuan dirinya.

Tidak ada komentar