Jerry West, Ikon logo NBA

 

Jerry West


Jika anda melihat logo NBA, terdapat siluet pemain yang sedang membawa bola. Namun apakah kalian tahu siapakah pria dalam logo NBA? Yap, dia adalah Jerry West, Legenda dari tim Los Angeles Lakers. Jerry West adalah pemain NBA era 1960-an. Ia masuk NBA pada NBA Draft 1960 di ronde pertama urutan kedua dan  dipilih oleh Minneapolis Lakers (Sekarang Los Angeles Lakers). West berkarir di NBA selama 14 tahun dan ia tidak pernah pindah tim hingga akhir karirnya.


Jerry West lahir pada 28 Mei 1938 di kota Chelyan, West Virginia. West sudah menunjukkan talenta nya dalam olahraga basket sejak dia masih di bangku SMA. meskipun ia memiliki tubuh yang pendek untuk ukuran pemain NBA, ia mampu menunjukkan dominasi nya dalam olahraga basket. Pada tahun 1956, sepanjang ia membela tim basket SMA nya ia mencatatkan 900 points dengan rata-rata 32.2 Points pergame. Angka tersebut tentu sangat menakjubkan untuk ukuran pemain yang masih berada di bangku SMA.


Jerry West



Musim pertamanya di NBA, Ia bermain dengan pemain hebat di Lakers, Elgin Baylor. Duetnya bersama Elgin Baylor saat itu memiliki julukan Mr.Inside dan Mr.Outside. Mr. Inside julukan yang diberikan kepada Elgin Baylor sementara Mr. Inside adalah julukan yang diberikan kepada West karena kemampuan tembakan nya yang luar biasa. Ia juga dijuluki sebagai "Mr. Clucth". Jerry West meraih cincin juaranya pada tahun 1972 Bersama Lakers.Saat itu Lakers berhasil mengalahkan New York Knicks di Finals 4-1.


Gestur tubuh West saat sedang membawa bola difoto oleh Wen Roberts dari majalah Sports pada tahun 1969. Foto tersebutlah yang membantu Alan Siegel untuk merumuskan logo NBA. Setelah melakukan diskusi dengan Robert Hale, Alan Siegel memutuskan untuk memakai foto membawa bola dari Jerry West untuk dijadikan logo NBA. Logo itu dianggap sebagai representasi gaya permainan serta kualitas kompetisi NBA. 



Tidak ada komentar