Kenapa Los Angeles Punya 2 Tim di NBA?

 

Sumber: Zimbio

Seperti yang kita ketahui, NBA merupakan liga basket tertinggi di Amerika yang diikuti oleh 30 tim. Terbagi menjadi 2 wilayah, barat dan timur. Biasanya, setiap tim NBA berafiliasi dengan satu kota dan berperan sebagai perwakilan dari kota tempat tim tersebut bermarkas.


Meski begitu, ada satu kota yang memiliki dua tim di NBA, tidak hanya itu, kedua tim tersebut juga bebagai arena yang sama sebagai tempat penyelenggaran pertandingan kandang mereka. Kota tersebut adalah Los Angeles yang diwakili LA Lakers dan LA Clippers.


Sejatinya, kedua tim tersebut tidak berasal dari kota yang berada di negara bagian California terebut pada awalnya. Lakers sendiri awalnya bermarkas di kota Minneapolis, negara bagian Minnesota. Sedangkan tim satunya, awalnya berbasis di kota Buffalo, dengan nama Buffalo Braves.


Lakers sendiri berpindah ke kota metropolitan tersebut pada 1960 dengan tujuan meraup untung yang lebih besar. Tim yang berdiri pada tahun 1947 itu juga menjadi tim paling sukses di Amerika dengan raihan 17 gelar juara. 


Adapun Clippers, baru berdiri pada 1970 dan sempat berpindah ke San Diego dan memakai nama San Diego Clippers pada 1981. Seteleh berpindah kepemilikan ke Donald Sterling, tim ini sempat hendak dipindahkan ke kota yang sama dengan Lakers. Namun, karena tidak mendapat persetujuan operator liga yang beralasan kota tersebut sudah punya tim. Akhirnya, setelah melakukan diskusi panjang, akhirnya tim yang belum pernah masuk NBA final tersebut resmi berpindah pada 1984.


Meski demikian, Los Angeles bukanlah satu-satunya kota yang punya 2 tim yang berlaga di NBA. Kota lain tersebut adalah New York dengan Knicks dan Brooklyn Nets. Meski sebenarnya, kedua tim itu tidak berbagi arena yang sama.

Tidak ada komentar