Langit Wilayah Barat

Sumber: -

Dalam sebuah kompetisi berformat liga, konsistensi memegang peranan yang sangat penting untuk dapat meraih gelar juara. Namun, meski menggunakan format yang sama, menjadi yang teratas di musim reguler NBA bukan jadi jaminan juara.


Hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan NBA yang hanya menggunakan format liga tersebut sebagai ajang untuk menyaring tim yang akan berlaga ke babak playoff. Meski demikian, menjaga posisi di papan atas klasemen juga diperlukan sebagai langkah untuk memperlihatkan kekuatan dan menghindari lawan tangguh di babak awal playoff.


Jangan heran jika tim-tim NBA tidak begitu ambil pusing dengan satu kekalahan yang diderita selama musim reguler. Sebab playoff jauh lebih penting dari musim reguler dalam menetapkan siapa juara liga basket tertinggi di Amerika tersebut itu.


Sumber:


Pada NBA musim ini, konsisensi yang luar biasa berhasil ditunjukkan 4 tim teratas di wilayah barat. Bahkan, peringkat 4 untuk wilayah tersebut, Utah Jazz punya persentase kemenangan mencapai 65,2% lebih tinggi pemuncak wilayah timur, Brooklyn Nets dengan 64,4%. Hal ini tidak tentunya tidak terlepas dari konsistennya Phoenix Suns, Golden State Warriors, Memphis Grizzlies, dan Jazz sendiri.


Keempat tim tersebut tidak ubahnya menjadi langit yang sulit untuk digapai oleh tim-tim yag ada di bawahnya. Dallas Mavericks, tim yang berada di peringkat 5 wilayah barat saja sampai tertinggal 9% persentase kemenangan di mana tim asal Texas tersebut kini koleksi 26 menang dan 20 kalah. Bandingkan dengan Jazz yang memiliki rekor menang kalah sebesar 30 banding 16.


Sumber: -

Jauhnya jarak tersebut dapat menjadi alarm untuk beberapa tim yang berada di peringkat 4 besar untuk dapat konsisten mempertahankan posisinya. Sebab, alih-alih merebut posisi di atasnya, mereka malah dapat disalip oleh para tim yang berposisi di bawah tim tersebut di tabel klasemen.


Meski terkesan seperti bumi dan langit, rentang jarak tersebut nantinya tidak akan menjadi indikator mutlak dalam melihat pergerakan sebuah tim di babak Playoff. Sebab, tidak jarang tim yang berada diu posisi bawah di musim reguler dapat menumbangkan mereka yang ada di atas.

Tidak ada komentar