Mampukah Jokic Kembali Jadi MVP?

Sumber:

Gelar MVP atau Most Valuable Player menjadi gelar yang sangat prestisius di kalangan para pemain NBA. Pasalnya, gelar tersebut dapat menjadi penanda signifikansi dampak pemain tersebut terhadap tim yang dibelanya.


Melalui laman twitter resminya, NBA telah mengumumkan 3 nama pemain yang berpotensi untuk merebut gelar MVP musim reguler. Berturut-turut meeka adalah Nikola Jokic (Denver Nuggets), Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks), dan Joel Embiid (Philadelphia 76ers).


Sang jawara bertahan, Nikola Jokic sukses merebut posisi puncak dari tangan Giannis. Hal tersebut bukan disebabkan penurunan performa pada Giannis yang tetap konsisten di angka 28,6 poin dan 11,3 rebound tiap game.


 

Naiknya peringkat pemain Serbia tidak terlepas dari meningkatnya performa pemain Denver Nuggets tersebut. Tercatat, ia sudah membuat total 10 triple double musim ini, terbanyak di liga. Selain itu, perannya yang signifikan terhadap tim yang dibelanya menjadi faktor kenapa Nuggets mampu bertahan di peringkat 6 klasemen wilayah barat.


Jika mampu konsisten, bisa saja Jokic mempertahankan gelar yang diraihnya musim lalu tersebut. Pasalnya, walau berada di peringkat yang relatif tinggi di wilayah timur, Bucks masih sering alami naik turun peringkat,. Berbeda dengan Jokic yang sukses bawa timnya bertahan di posisi tersebut walau tidak mendapat bantuan dari Jamal Murray dan Michael Porter Jr. yang alami cedera.


Alasan lain yang dapat membantu Jokic dapat mempertahankan gelarnya adalah peran positifnya kepada tim yang bermarkas di Pepsi Center tersebut. Selain menyumbang 25,9 poin tiap pertandingan, Jokic juga membuat 13,9 rebound dan memberikan 7,4 assist tiap laga.

Sumber: NBA.com


Persaingan kedua nama tersebut dipersengit dengan performa hebat Joel Embiid yang menyalip Kevin Durant. Selain KD, nama lain yang sedang alami penurunan adalah Stephen Curry. Sehingga, tiga besar calon kuat MVP musim ini semuanya terdiri dari pemain non-Amerika.


Masih terlalu dini untuk menilai siapa yang akan merebut gelar bergengsi tersebut musim ini. Selama Jokic dapat konsisten dan para lawannya masih kesulitan bersama timnya, bukan tidak mungkin Joker bisa pertahankan gelar.

Tidak ada komentar