Melihat Basket Sebagai Budaya Populer

Sumber Unsplash

Pop Culture atau budaya populer merupakan sebuah istilah yang dekat dengan istilah budaya massal yang diproduksi secara massal dan dikonsumsi secara massal juga. Biasanya didefenisikan sebagai bentuk tontonan yang mengglobal.


Kehadiran globalisasi dan inernet turut serta meningkatkan potensi sebuah karya untuk dikenal lebih luas dan menjadi sesuatu yang akhirnya dibuat oleh banyak orang dan dinikmati dengan jumlah yang sama pula. Meski, ada sebuah pemikiran dalam masyarakat yang menganggap bahwa budaya populer sebatas pada karya seni saja, seperti film, lagu, musik, atau sejenisnya.


Padahal, jika mengacu kembali kepada definisi budaya populer sebagai sesuatu yang dibuat dan dikonsumsi oleh banyak orang, maka bisa disimpulkan pula bahwa olahraga atau dalam hal ini adalah industri olahraga bisa dikategorikan sebagai budaya populer.


Olahraga bisa dilakukan siapa saja, seperti halnya bermusik. Meski cakupannya tidak seluas musik dan film, olahraga dapat menjadi sesuatu yang dikonsumsi oleh khalayak ramai. Baik berbentuk tontonan atau sebagai bentuk referensi lain yang masih berkaitan seperti gaya busana.


Pada akhirnya, produk budaya populer tidak hanya sebatas pada musik dan film juga. Olahraga, khususnya basket, sangat bisa menjadi sesuatu yang "diproduksi dan dikonsumsi oleh orang banyak". Tinggal bagaimana mengemas olahaga basket untuk tetap dapat eksis di engah gempuran berbagai macam budaya populer lainnya.


Trae young bersama dengan fans Knicks


NBA sebagai liga di Amerika yang merupakan pusat berkumpulnya para pemain basket terbaik dari seluruh dunia menjadikan olahraga ini semakin memiliki nilai jual yang tinggi, baik dari segi penikmatnya, pemainya, dan orang-orang atau entitas yang terlibat didalamnya.


Dengan progres yang dimiliki NBA dengan tetap mengedapankan entertaiment ditambah dengan Amerika yang fanatik dengan olahraga basket membuat Basket menjadi budaya populer disana. Amerika yang terkenal sebagai negara yang merupakan salah satu negara paling berpengaruh di dunia juga tidak lepas membawa euforia basket keseluruh dunia.


Bahkan sepatu basket dengan menggaet bintang-bintang basket dunia (di NBA) ditambah sesi yang menampilkan para pemain saat jalan menuju locker room dengan gaya stylish membuat olahraga basket ini semakin terlihat keren tidak hanya didalam lapangan melainkan diluar lapangan juga. Salah satu contohnya sepatu basket pada zaman sekarang sudah sering dijadikan salah satu atribut untuk bergaya ketika pergi keluar bersama teman, kerja, dan banyak lagi tentunya.

Tidak ada komentar