Mendaki Puncak Wilayah Timur

Sumber: Nets Daily

Memasuki paruh akhir musim reguler, peta kekuatan NBA sudah mulai tergambarkan. Sejumlah tim nampak sudah menetapkan posisinya untuk playoff nanti. Sementara itu, perebutan tempat di turnamen play in juga saling bertukar posisi satu sama lain.


Jika di wilayah barat 4 posisi teratasnya senantiasa tampil konsisten dan punya jarak signifikan dengan peringkat 5, beda cerita dengan klasemen wilayah timur. Dua pekan lalu, penguasa puncaknya adalah Chicago Bulls, namun mereka segera lengser dan tergantikan seiring menurunnya performa dan cederanya sejumlah pemain.


Lewat kemenangan lawan Lakers, Miami Heat akhirnya berhasil rebut puncak klasemen setelah Brooklyn Nets tumbang dari Minnesota Timberwolves. Meski menduduki peringkat pertama, bukan berarti posisi anak asuk Erik Spoelstra akan aman.


Suber: @Chicagobulls


Jarak yang sangat tipis menjadi alasan. Mengantongi 63,8% persentase kemenangan, Heat hanya unggul satu kemenangan atas Nets dengan persentase 63%. Jumlah kekalahan yang sama juga dimiliki oleh Chicago Bulls yang akan segera kembali diperkuat Zach LaVine. Mereka tidak boleh merasa tenang, sebab Milwaukee Bucks juga tengah berada dalam performa yang menanjak setelah 3 kemenangan beruntun.


Menilai dari 10 pertandingan terakhirnya, Heat bisa saja berpeluang untuk bertahan di posisi puncak lebih lama. Sebab, dalam 10 pertandingan ke depan, mereka "hanya" akan berhadapan dengan sejumlah tim terluka seperti Knicks, Clippers, Raptors, dan Celtics. Meski begitu, bukan berarti Jimmy Butler dan kolega akan terus mendulang menang. Semua kemungkinan bisa saja terjadi di liga basket tertinggi di Amerika tersebut.


Perubahan posisi yang sangat dinamis di wilayah timur menggambarkan bahwa adanya penyebaran kekuatan yang cukup merata. Di lain pihak, wlayah barat nampaknya sudah menetapkan siapa 4 teratas di akhir musim nanti. Namun, terlepas dari semua posisi di klasemen, semuanya akan fana di playoff. Semuanya bisa terjadi di babak playoff nantinya.

Tidak ada komentar