Mengenal Backcourt Violation

Sumber: Unsplash.com

Skor besar sudah jadi ciri khas dari pertandingan basket zaman sekarang, utmanya dari NBA. Melihat sebuah tim mencetak 100 angka sudah menjadi hal yang lazim. Hal ini tidak terlepas dari sejumlah aturan yang diterapkan sehingga memaksa tim NBA untuk aktif menyerang. Salah satunya adalah backcourt violation.


Backcourt violation termasuk dalam jenis pelanggaran yang lebih condong ke peraturan bola bsket. Sehingga, berbeda dengan pelanggaran pada umumnya yang biasanya berhubungan dengan kontak pemain, violation berhubungan erat dengan aturan yang diterapkan dalam olahraga basket.


Backcourt violation adalah jenis pelanggaran di mana seorang pemain melakukan dribble kembali ke area pertahanan sendiri setelah melewati garis tengah lapangan. Sehingga, apabila melakukannya, posesion akan diberikan ke pemain lawan.


Aturan ini sendiri diterapkan untuk memastikan tim penyerang untuk benar-benar menyerang ring lawan dan tidak berlama-lama dalam melakukan serangan sehingga akan menciptakan pertandingan saling balas serang. Ketika aturan ini dikombinasikan dengan aturan Shot clock, maka  menghasilkan sebuah pertandingan basket yang kompetitif dan agresif.

Tidak ada komentar