Mengenal Technical Foul, Pelanggaran Unik di Basket

Sumber: @suns

Setiap olahraga berbentuk permainan memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh para pemainnya. Tidak terkecuali olahraga basket. Beberapa aturan tersebut berbentuk larangan serta batasan-batasan tertentu. Sejumlah aturan diterapkan untuk melindungi para pemain hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk pelanggaran.


Dalam olahraga basket, pelanggaran sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, seperti personal foul, flagrant foul, technical foul, hingga team foul. Kali ini, Trippledouball akan membahas seputar Technical foul, salah satu pelanggaran yang unik dan sering menimbulkan kontroversi di kalangan pecinta basket.


Jenis pelanggaran ini bisa disebut sebagai sebuah pelanggaran yang cenderung subjektif karena sangat bergantung kepada keputusan wasit. Jika seorang pemain terlalu banyak bicara, mengejek secara berlebihan, berlaku tidak sopan, atau hal-hal lain di luar kontak fisik, wasit berhak untuk meniup peluit pertanda technical foul.


Tidak hanya itu, keunikan pelanggaran ini juga terletak kepada pelakunya. Jika umumnya sebuah pelanggaran dilakukan oleh pemain yang sedang berada di dalam lapangan, maka technical foul bisa diberikan kepada siapa saja. Baik itu pemain di lapangan, pemain di bangku cadangan, hingga ke pelatih. Jika dilanggar, maka pemain lawan mendapat lemparan bebas dan apabila seseorang sampai dapat dua kali technical foul, maka dia akan dikeluarkan dari pertandingan yang sedang berlangsung.


Salah satu kasus technical foul yang unik adalah ketika Tim Duncan diusir dari lapangan hanya karena tertawa di bangku cadangan atau yang terbaru, ketika Kyle Lowry memberi bola kepada wasit dan malah berbuah technical foul.


Terlepas dari kontroversi dan subjektifitas wasit, technical foul bisa menjadi senjata para pengadil lapangan untuk mempertegas kekuasaannya pada pertandingan yang sedang dipimpinnya. Selain itu, pelanggaran ini pun bisa jadi batasan pemain untuk lebih berlaku sopan di atas lapangan jika tidak ingin diusir dari laga yang sedang dihelat.

Tidak ada komentar