Muggsy Bogues: Terpendek Terhebat

Sumber: @therealmuggsy

Basket adalah olahraga yang mengharuskanmu untuk memasukkan bola ke dalam keranjang yang tergantung setinggi 3,05 meter dari lantai. Tentu saja dengan tinggi tersebut, akan sangat menguntungkan bila memiliki tubuh yang tinggi. Namun, menjadi pendek bukan berarti seketika diharamkan bermain basket.


Adalah Muggsy Bogues, pemain terpendek dalam sejarah NBA ini memperlihatkan bahwa menjadi pendek tidak selalu membuatmu tidak dapat bermain kompetitif di liga basket tertinggi di Amerika, bahkan di dunia. Berbekal tingi 160 CM, ia menjadi point guard yang rajin memberikan umpan kepada temannya yang memiliki ukuran badan lebih darinya.



Pria yang bernama lengkap Tyrone Curtis Bogues ini pernah membela setidaknya 4 tim sepanjang kariernya. Memulai perjalanannya di NBA pada 1987 bersama Washington Wizards, ia langsung bertemu dengan pemain tertinggi sepanjang masa, Manute Bol. Keduanya pun terpaut tinggi 71 CM. 


Setahun di tim ibukota, pemain yang pernah ke Indonesia ini pun berlabuh ke Charlotte Hornets. Di sinilah cerita legendarisnya dimulai. Ia dua kali membuat catatan assist hingga 10,7 ketika membela tim berjersei biru langit tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, 10 tahun bermain di Hornets, ia juga sukses bawa timnya tembus Playoff 3 kali.


Setelah dari Hornets, pemain yang pernah lakukan block kepada Patrick Ewing (213 CM) ini akhirnya lanjutkan cerita di Golden State Warriors dan kembali bawa tim tersebut ke playoff. Tidak lama di Warriors, ia hengkang ke Toronto Raptors, akhirnya ia pun pensiun di tim asal Kanada tersebut.


Dia musim-musim terakhirnya, ia berperan sebagai pemain dari yang turun dari bangku cadangan dan membantu timnya lewat umpan-umpan matang kepada rekan setimnya. Total, sepanjang kariernya, ia membuat 7,6 assist dan 7,7 poin 
per pertandingan.



Meski tercatat sebagai yang terpendek, Muggsy sukses manfaatkan kekurangannya menjadi kelebihannya dengan mengandalkan ukuran tubuhnya yang kecil untuk melesat cepat, entah untuk membuat tambahan angka atau untuk mengirimkan umpan ke rekan setimnya. Tidak hanya itu, ia juga memiliki lompatan vertikal yang tinggi, ia pernah mencatatkan lompatan setinggi 110 sentimeter.


Terakhir, Muggsy yang punya tinggi badan yang sama dengan rata-rata tinggi badan pria Indonesia sukses membuktikan bahwa siapa saja bisa bermain di NBA asalkan punya kemampuan yang dapat membantu timnya menuju kemenangan. Sebab, basket adalah olahraga tim di mana jika kamu tidak bisa mencetak angka, maka kamu bisa membantu temanmu untuk mencetak angka. Selamat ulang tahun yang ke-56, Muggsy Bogues!

Tidak ada komentar