NBA dan Dugaan Agenda Settingnya

Sumber: NBA

Agenda Setting merupakan sebuah usaha untuk mengalihkan perhatian publik dari sebuah isu menggunakan sejumlah isu berbeda atau dengan sesuatu yang lebih besar. Selain untuk menutupi isu tertentu, usaha agenda setting sendiri juga merupakan salah satu metode komunikasi publik untuk mengalihkan perhatian. Sederhananya, agenda setting adalah usaha pengalihan isu.


Usaha agenda setting sendiri umumnya dilakukan oleh pihak-pihak yang memiliki kekuasaan dan punya kekuatan dalam mengatur media. Hal yang sama juga berlaku untuk NBA selaku pemegang kekuasaan terkait penjualan liga basket tertinggi di Amerika. Salah satunya adalah dengan menyajikan sejumlah tayangan terpilih di laman instagramnya untuk memberikan sebuah persepsi di pikiran penontonnya.


Sumber: Esentially Sports

Melalui beberapa unggahan media sosialnya, NBA ditengarai tengah melakukan usaha untuk memperlihatkan Ja Morant sebagai wajah selanjutnya dari NBA. Hal tersebut dibuktikan dari NBA yang rutin mengunggah video sang pemain dan memberikan kesan bahwa sang pemain sangat hebat dan yang terbaik saat ini.


Segala teori tersebut hanyalah dugaan para fans. Sebab, lewat banyaknya konten seputar Ja Morant, penampilan Luka Doncic terkesan menurun untuk musim ini. Padahal, Doncic tetap menjadi Doncic yang terus menggendong Dallas Mavericks menuju kemenangan demi kemenangan.


Terlepas dari segala pro kontra seputar usaha agenda setting yang masih sebatas dugaan tersebut, NBA tentunya berusaha memberikan tontonan menarik kepada penontonnya lewat tayangan singkat yang mudah untuk dinikmati para penonton liga basket tertinggi di Amerika tersebut.

Tidak ada komentar