NFT dianggap bukan karya seni, Wikipedia di protes

Ghozali everyday NFT


NFT adalah sebuah token digital. Baru-baru ini, masyarakat digegerkan dengan NFT. Seorang remaja Indonesia, pemilik akun bernama Ghozali everyday menjadi heboh di media sosial, khususnya di situs penjualan karya virtual berbasis NFT, yaitu OpenSea.


Biasanya yang dijual merupakan foto, video, gif, dan sejenisnya. Bisa dikatakan bahwa yang dijual dianggap karya seni digital karena dengan kata lain baik foto dan sejenisnya dibeli untuk dikoleksi, digunakan kembali untuk keperluan lain, marketing, dan lain-lain yang kurang lebih sama dengan konsep membeli karya seni.


Akan tetapi baru-baru ini, wikipedia salah satu website yang paling sering dikunjungi bagi banyak orang untuk mencari wawasan baru mengungkapkan bahwa NFT bukanlah karya seni. Situs ensiklopedia tersebut bersama lima editor nya melakukan rapat untuk menentukan kategori dari NFT itu. Hasilnya empat orang tidak setuju NFT dimasukkan ke dalam kategori karya seni.


Satu-satunya editor yang setuju menjelaskan bahwa para pembuat NFT tersebut merupakan NFT Content atau NFT Artist atau dengan kata lain merupakan seorang seniman juga. Sedangkan salah satu editor yang tidak setuju mengingkan NFT dibuat kategori tersendiri seperti NFT art, dan bukan seni pada umumnya.



Hal tersebut membuat beberapa komunitas crypto protes atas apa yang dilakukan wikipedia tersebut. Mereka khawatir karena wikipedia dianggap salah satu sumber 'kebenaran' bagi jutaan orang di seluruh dunia. Padahal menurut komunitas crypto, tingginya hype NFT membuktikan bahwa seni digital itu merupakan medium seni yang legit, serta memunculkan banyak seniman yang diakui oleh banyak galeri dan dunia seni.  


Tidak ada komentar