Pemain Indonesia yang Bermain di NBA

 

Marques Bolden NBA Summer League

Naturalisasi adalah proses perubahan status dari penduduk asing menjadi warga negara resmi pada suatu negara. Proses ini harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dalam peraturan kewarganegaraan negara yang bersangkutan terlebih dahulu. Di Indonesia sendiri, masalah kewarganegaraan saat ini diatur dalam Undang-Undang No. 12 tahun 2006.

 

Pada tahun 2021 lalu, Perbasi (Persatuan Basket Indonesia) telah melakukan naturalisasi kepada tiga pemain untuk bergabung membela Tim Nasional Basket Indonesia. Tiga Pemain tersebut yaitu Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Terrell Bolden.


Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Terrell Bolden

Pada tahun 2021 lalu, Perbasi (Persatuan Basket Indonesia) telah melakukan naturalisasi kepada tiga pemain untuk bergabung membela Tim Nasional Basket Indonesia. Tiga Pemain tersebut yaitu Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Terrell Bolden.

Marques Bolden

Marques Bolden Dunk
 

Marques Bolden merupakan pemain center yang lahir pada 17 April 1998 di Dallas, Texas, Amerika Serikat. Bolden mengawali karirnya di DeSoto High School, ia memberikan rata-rata sebesar 23.4 ppg, 10.2 rpg, dan 2.6 bpg pada tahun seniornya. Bolden juga membantu tim SMA-nya memenangkan gelar negara bagian Texas Class 6A, serta memperoleh penghargaan Texas Mr. Basketball dan TABC 6 Player of the Year.


Awal Karir

Marques Bolden di Duke

Setelah lulus SMA, Bolden melanjutkan studi dan karir basketnya di Duke University. Namun, ia harus absen pada delapan pertandingan pertamanya di musim 2016-2017 karena cedera kaki, sebelum melakukan debutnya melawan Maine pada 3 Desember 2016, dimana ia mencetak tujuh poin dan lima rebound. Bolden juga melewatkan Turnamen NCAA karena sakit dan hanya mencatatkan rata-rata 1.5 ppg dan 1.1 rpg dalam 24 pertandingannya sebagai mahasiswa baru.

 

Saat menjadi mahasiswa tahun kedua di musim 2017-2018, Bolden juga hanya mencetak rata-rata 3.9 ppg dan 3.6 rpg, karena ia bermain di belakang Wendell Carter Jr. dan Marvin Bagley III.

 

Berlanjut pada musim 2018-2019, Bolden kembali membela Duke Blue Devils dengan rata-rata 5.3 ppg, 4.5 rpg dan 1.7 bpg dalam 19.1 menit per game. Hingga pada bulan April 2019, Bolden mengumumkan keikutsertaannya dalam NBA Draft 2019.


Masuk ke NBA

Marques Bolden Block

Pada NBA Draft 2019, Bolden kurang beruntung karena tidak ada tim yang memilihnya sehingga ia harus berstatus sebagai pemain undrafted sejak hari itu. Namun, Bolden berhasil masuk kedalam squad Cleveland Cavaliers untuk bermain di NBA Summer League 2019. 


Perjalanan di NBA

Marques Bolden Canton Charge


Pada 19 Oktober 2019, Cavaliers melepaskan Bolden dan menambahkannya ke daftar pemain dari tim afiliasi Cleveland Cavaliers di NBA G League, yaitu Canton Charge.

 

Berlanjut hingga pada 30 Januari 2020, Cleveland Cavaliers mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak 10 hari dengan Bolden. Namun ia kembali ke Canton Charge setelah kontraknya berakhir.


Kemudian pada 30 November 2020, Cleveland Cavaliers mengumumkan bahwa mereka kembali menandatangani kontrak dengan Bolden dan kontrak tersebut diubah menjadi kontrak dua arah pada 19 Desember 2020. Namun Pada 24 Februari 2021, Cavaliers juga kembali melepas Bolden, hingga pada 26 Februari 2021, Bolden kembali bermain untuk Charge.


Marques Bolden Washington Wizards

Pada NBA Summer League 2021, Bolden sempat bermain untuk membela Washington Wizards. Setelah NBA Summer League 2021 berakhir, ia menandatangani kontrak bersama Utah Jazz pada 28 September 2021. Namun kemudian ia dilepaskan sebelum awal musim dan menambahkannya ke daftar pemain dari tim afiliasi Utah Jazz di NBA G League, yaitu Salt Lake City Stars.


Marques Bolden SLC Stars

Jika Marques Bolden dapat memberikan performa terbaiknya dan menarik minat tim di NBA untuk mengontraknya, besar kemungkinan ia dapat kembali membela suatu tim di liga utama NBA suatu hari nanti.

Tidak ada komentar