Sanggupkah Rajon Rondo Bantu Cavaliers?

 

Sumber: NBC Sports

Setelah kehilangan Ricky Rubio yang kembali harus dibekap cedera ACL, Cleveland Cavaliers bergerak cepat dengan mendatangkan Rajon Rondo dari LA Lakers. Namun, apakah pemain 35 tahun tersebut benar-benar sanggup membantu Cavaliers?


Musim ini, Cavaliers menjadi buah bibir di kalangan pecinta NBA melalui skema permainan yang tidak lazim digunakan di NBA modern yang biasanya andalkan permainan small ball. Andalkan pemain bertubuh 7 kaki, Cavaliers nampak benar-benar menjanjikan setelah bercokol di peringkat 5 klasemen sementara wilayah timur liga basket tertinggi di Amerika tersebut.



Sebelumnya, tim pengoleksi satu gelar juara ini sudah kehilangan Collin Sexton yang cedera parah, Darius Garland yang masuk protokol kesehatan, dan Ricky Rubio yang alami cedera ACL. Dua nama terakhir menjadi tumpuan permainan anak asuh Bickerstaff tersebut lewat umpan dan lewat opsi serangan yang mereka tawarkan.


Tercatat, Garland punya rataan 7,3 assist per petandingan. Sedangkan Rubio, memberikan 6,6 assist tiap pertandingannya. Dari aspek assist, Rondo diyakini mampu memberikan opsi pola permainan lewat pengalaman dan IQ-nya. Namun, yang jadi masalah utamanya sebenarnya adalah kemampuan mencetak poin garda yang pernah juara dengan Boston Celtics tersebut,


Rondo hanya memiliki persentasi field goal di angka 32% dan hanya mampu masukkan 26% tembakan dari luar garus perimeter. Total, ia hanya mampu sumbangkan 3,1 poin dan 3,7 assist per pertandingan. Namun, hal tersebut dapat dimaklumi karena waktu main yang terbatas. Selain itu, Cavaliers punya opsi garda playmaker dalam diri Brandon Goodwin dan Kevin Pangos.


Rondo bisa saja menjadi playmaker veteran yang turun dari bangku cadangan dan turut membimbing garda muda tim yang bermarkas di Quicken Loan Arena ini jika telah keluar dari masa karantinanya. Selain itu, dia pun tetap bisa diharapkan untuk memberikan opsi permainan jika Cavaliers sedang alami kebuntuan.

Tidak ada komentar