Seberapa Besar Dampak Draymond Green untuk Warriors?

Sumber: AP


Golden State Warriors baru saja mendapatkan kekalahan ke-13 musim ini setelah ditumbangkan Indiana Pacers, 117-121. Ironisnya, Pacers sukses tumbangkan peringkat 2 wilayah barat tersebut tanpa bermodalkan 5 pemain utamanya.


Kekalahan ini sendiri sekaligus menjadi yang ke-4 dari  pertandingan terakhir saat Draymond Green harus absen karena cedera. Total, Warriors memiliki rekor menang kalah 28-6 ketika bersama Draymond dan 4-7 tanpa Draymond. Hal ini pun menimbulkan pertanyaan, seberapa besar dampak pemain kelahiran 1990 tersebut.


Meski hanya menyumbang 7,9 poin per pertandingan, peringkat 7 di GSW, Draymond sendiri memiliki peran yang signifikan dalam bertahan dan menjadi fasilitator untuk rekan setimnya.


Sumber: US Sports

Kemampuan pemain 31 tahun tersebut dalam memberikan umpan kepada temannya tak perlu dipertanyakan lagi. Ia adalah penyumbang assist terbanyak dengan 7,4 tiap laga. Jumlah tersebut juga menyumbang total 602 poin yang dicetak oleh timnya musim ini.


Dari aspek bertahan, Dray mampu memberikan tekanan kepada pemain tertentu yang ia jaga. Secara statistik, Green menyumbang 7,6 rebound per laga, terbanyak di Warriors dan hanya kalah dari Curry dari jumlah steal yang dilakukan.


Sejumlah statistik tersebut menjadi bukti sahih betapa signifikan peran dari pemain berasal dari Michigan State ini. Absennya sang pemain karena cedera pada bagian bawah punggungnya selama beberapa pekan ke depan bisa membahayakan posisi Warriors di papan atas klasemen.

Tidak ada komentar