Stephen Curry bentuk Michael Jordan pada era sekarang

Stephen Curry adalah michael jordan era sekarang


Berbicara mengenai permainan bola basket di NBA khususnya pada era sekarang, bisa dikatakan jauh berbeda dari gaya bermain pada era salah satu nama tersohor dalam sejarah NBA yakni Michael Jordan. Jika pada era Michael Jordan permainan lebih menjurus kearah yang lebih fisikal dan banyak berkutat didalam paint area, namun kini kita lebih sering melihat pemain-pemain melakukan tembakan three-point.


Nama Stephen Curry yang baru saja (musim ini) menasbihkan diri menjadi pencetak tripoin terbanyak dalam sejarah NBA disebut-sebut jadi alasan utama dari berubahnya gaya permaian nba era sekarang. Curry yang memulai karirnya di NBA sejak di draft oleh Golden State Warriors pada tahun 2009 sempat diragukan dirinya bisa memiliki karir secemerlang saat ini. Tidak lain dan tidak bukan karena Stephen Curry dianggap terlalu kecil dan tidak terlalu tinggi untuk bermain di NBA. 



Rekor tripoin saat jadi Rookie


Akan tetapi perlahan-lahan Curry pada musim debutnya (rookie season) mulai menunjukan salah satu skill terbaik yang ia miliki selain playmaking yang baik, yaitu kemampuan tembakannya dari garis tripoin.


stephen curry saat menjadi rookie


Saat itu Stephen Curry yang menjalani 80 pertandingan (77 kali sebagai starter) sukses mengumpulkan 166 tripoin. Jumlah tripoin tersebut merupakan rekor bagi Stephen Curry sebagai pemilik tripoin terbanyak sepanjang sejarah yang dibuat oleh rookie (pemain yang baru bermain pada musim pertama di NBA).



Jadi Inspirasi bagi pemain lain termasuk Fred vanVleet


Semenjak saat itu Stephen Curry memberi pengaruh terhadap berubahnya gaya bermain basket (khususnya di NBA) yang sebelumnya penuh dengan stereotype bahwa untuk sukses di NBA harus kuat bermain di paint area dan memiliki badan yang cukup tinggi atau besar. Hadirnya Curry dengan range shooting yang jauh didukung akurasi yang bagus membuat pemain-pemain yang tidak memiliki badan yang tinggi memiliki keyakinan untuk memiliki karir yang bagus di NBA. 


Fred VanVleet salah satu pemain bertumbuh pendek (untuk ukuran pemain NBA) mengakui bahwa Stephen Curry lah yang membuatnya yakin bahwa pemain seperti dirinya bisa memiliki karir di NBA. Meski sempat tidak didraft pada 2016, nyatanya Fred VanVleet akhirnya bisa bergabung dengan Toronto Raptors dan meraih juara NBA pada 2019. Tidak hanya itu saja, VanVleet pun kini memiliki gaji $85 juta untuk 4 tahun yang berlaku mulai musim 2020-2021 lalu. 





Mengubah Permainan


Beberapa penjelasan diatas mendukung fakta bahwa Stephen Curry telah mengubah permainan dengan cara yang luar biasa. Efeknya saat ini yaitu menembak tripoin merupakan 'kewajiban' bagi setiap pemain, dan para pemain di setiap posisi belajar bagaimana menembak dari garis tripoin bahkan untuk seorang center sekalipun yang pada era sebelumnya hanya berfokus didalam garis tropin saja. Ada nama-nama center seperti Karl-Anthony Towns, Nikola Jokic, Joel Embiid, bahkan Dwight Howard pun sudah bisa menembak tripoin.


Dominasi Curry dalam tripoin membuatnya kini memiliki tiga cincin juara NBA, dua kali MVP, dan tujuh kali masuk NBA All-Star.



Michael Jordan-nya untuk era saat ini


Draymond Green sebagai rekan Stephen Curry di Golden State Warriors pun mengakui bahwa Stephen Curry merupakan salah satu dari lima pemain terbaik sepanjang masa (versi Draymond Green - baca disini).


Berbicara di "Throwing Bones," Draymond Green bahkan mengungkapkan pernyataan yang mungkin bagi sebagian para fans Lebron James bisa saja tidak setuju. Draymond Green mengungkapkan bahwa Stephen Curry adalah Michael Jordan untuk generasi saat ini. Seperti kita tahu betapa besarnya dampak dari Michael Jordan ketika masih bermain, baik didalam maupun diluar lapangan, kurang lebih seperti itulah anggapan Draymond dalam menggambarkan Stephen Curry. 



“Anda melihat anak-anak muda (rookie) ini masuk NBA dan melihat Steph (Curry) adalah Michael Jordan-nya mereka” kata Draymond Green. “Anda tahu, semua orang ingin menembak tripoin. Anda berjalan di gym dan anda melihat anak-anak kecil menembak dari jarak 40 kaki. Tapi itulah efek Steph Curry dan Klay Thompson.”


Layaknya Michael Jordan, Curry telah menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia dan banyak dari mereka mengaguminya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan orang-orang pada Jordan. Draymond Green bukanlah satu-satunya yang menarik kesimpulan tentang Curry adalah Michael Jordan era saat ini. Pemiliki satu cincin juara sekaligus legenda Boston Celtics, Kevin Garnett baru-baru ini juga menegaskan bahwa bintang Golden State Warriors tersebut sebagai Jordan di era ini.



Sebagai penembak terhebat dalam sejarah bola basket yang dibuktikan dengan jumlah tripoin terbanyak sepanjang sejarah (serta torehan lain tentunya), tidak bisa disangkal bahwa pengaruh Stephen Curry terhadap NBA dan permainan basket secara keseluruhan memang besar adanya. Curry telah mengubah banyak hal, apalagi permainannya telah membantu mengangkat kembali franchise Warriors ke tempat terbaik hingga saat ini dan menjadi tim papan atas di wilayah Barat.


Dengan performa yang masih terus terjaga, Stephen Curry tentunya masih sangat bisa menambahkan beberapa torehan individu maupun tim kedalam warisannya selama karirnya di NBA. Apalagi Curry bersama Warriors juga sedang berada dalam trek yang bagus musim ini setelah sempat gagal masuk playoff musim lalu.   

Tidak ada komentar