Tak Ada Kata Terlambat

Sumber: AP


Menjadi pemain NBA adalah sebuah prestasi, impian, dan keberuntungan yang luar biasa. Aturan yang ketat dan tingginya persaingan membuatnya semakin sulit. Salah satu aturan yang diterapkan untuk menyaring calon rekrutan ke NBA adalah pemain yang dipilih harus pernah bermain di divisi 1 NCAA atau bermain di liga profesional lain.


Hal yang sama juga berlaku untuk Keifer Sykes dan Chris Duarte, ruki tertua untuk draft angkatan tahun 2021 kemarin. Uniknya, dua pemain tersebut bermain di tim yang sama, Indiana Pacers. Saat artikel ini ditulis, Sykes telah berusia 28 tahun, sedangkan Duarte berada di usia 24 tahun. Sebagai perbandingan, seorang pemula yang masuk di NBA umumnya berusia 19 - 21 tahun.


Meski memiliki pengalaman bermain dari 2015 di berbagai kompetisi, bukan berarti menjamin Sykes akan berada di posisi starter. Bahkan, pemain undrafted tahun 2015 tersebut harus bersabar dan baru memulai debut di 29 Desember lalu saat timnya jumpa Charlotte Hornets dan baru starter dalam laga lawan Cleveland Cavaliers, 2 Januari kemarin.

Sumber: Wrtv


Berbeda dengan Sykes yang butuh perjuangan lebih untuk menarik hati Rick Carlisle, Chris Duarte langsung mendapat kesempatan untuk membuktikan diri pada 20 Oktober saat Pacers berkunjung ke Hornets. Tidak hanya itu, ia juga sukses membuat 27 poin dalam laga debut sekaligus jadi starter pertamanya tersebut.


Banyak beroperasi sebagai seorang shooting guard, membuat posisinya di tim utama relatif aman. Bahkan, ia menjadi salah satu pemain yang punya waktu bermain paling lama dengan komposisinya bersama Malcolm Brogdon, Caris LeVert, Domantas Sabonis, dan Myles Turner.


Bermain di liga basket tertinggi di Amerika tersebut merupakan sebuah kesempatan yang sangat langka. Peluang tersebut tidak akan menunggu saat pemain tersebut siap, dia akan datang kapan saja seperti yang terjadi pada Sykes. Ia kembali di 2021 setelah memperbaiki diri semenjak gagal masuk pada 2015. Hal yang terpenting adalah bagaimana seorang pemain selalu bersiap sebelum ia mendapat kesempatan bermain di NBA.

Tidak ada komentar