Tak Disangka, Pemain Hebat Ini Sempat Tidak Terpilih Pada NBA Draft!

 

Ben Wallace

NBA Draft adalah acara tahunan yang dimulai sejak tahun 1947 di mana seluruh tim dari NBA dapat menetapkan pemain rookie yang memenuhi syarat dan ingin bergabung kedalam liga.

 

Pemain yang tidak terpilih pada malam NBA Draft disebut sebagai Undrafted Player. Ada beberapa pilihan bagi pemain yang tak terpilih, yaitu kembali mengikuti kompetisi basket kampus jika usianya masih cukup atau bisa juga mengikuti kompetisi lain yang cocok dengan skillset yang dimiliki, seperti kompetisi G-League, NBL, atau Liga basket negara lain.

 

Menjadi Undrafted bukan berarti tidak akan sukses. Berikut adalah 3 pemain Undrafted terbaik yang pernah bermain di NBA:


3. Bruce Bowen


Bruce Bowen

Bruce Eric Bowen Jr. adalah mantan pemain yang pernah membela Miami Heat, Boston Celtics, Philadelphia 76ers, dan San Antonio Spurs.

 

Bowen merupakan salah satu perimeter “lockdown” defender yang paling ditakuti dalam sejarah NBA. Bowen telah terpilih ke NBA All-Defensive First dan Second Teams sebanyak delapan kali.

 

Bowen juga merupakan salah satu anggota squad San Antonio Spurs saat memenangkan three-peat pada tahun 2003, 2005, dan 2007.

 

2. John Starks


John Starks

John Levell Starks adalah mantan shooting guard yang populer saat bermain untuk New York Knicks pada tahun 1990-an.

 

Pada awal karir NBA-nya Starks sempat bermain satu tahun di NBA untuk Golden State Warriors sebelum membawa bakatnya ke luar negeri. Saat Starks kembali ke NBA, ia bermain untuk New York Knicks. Dari tahun 1991 hingga 1998, Starks berhasil mencetak rata-rata 14.1 ppg, 4.0 apg, 2.7 rpg, dan 1.2 spg untuk Knicks.

 

Starks merupakan salah satu pemain yang turut membantu Patrick Ewing membawa Knicks kembali ke Final NBA pada tahun 1994 sebelum dikalahkan oleh Rockets yang dipimpin oleh Hakeem Olajuwon. Selain itu, Starks juga sempat terpilih kedalam NBA All-Star 1994, serta menjadi Sixth Man of the Year pada tahun 1997.

 

 

1. Ben Wallace


Ben Wallace

Ben Wallace adalah mantan bintang Detroit Pistons yang juga merupakan salah satu dari dua pemain dalam sejarah NBA yang memenangkan penghargaan Defensive Player of the Year sebanyak empat kali.


Wallace sangat dipertimbangkan banyak pihak sebagai salah satu bagian dari kesuksesan Detroit Pistons pada era 2000-an, terutama pada puncaknya di kejuaraan pada tahun 2004. Catatan 10.308 rebounds dan 4 kali penampilan All-Star Wallace merupakan yang terbanyak diantara pemain Undrafted lain dalam sejarah.


Wallace Hall of Fame

Wallace juga merupakan Pemain pertama dalam sejarah NBA modern yang terpilih kedalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame.

Tidak ada komentar