Tentara yang Pernah Bermain di NBA

 

David Robinson

David Robinson lahir di Florida pada 6 Agustus 1965. Robinson terlahir pada keluarga angkatan laut, dimana ayahnya merupakan tentara US Navy. 


Pada masa sekolah, Robinson sering ikut berbagai macam olahraga kecuali basket. Postur tubuhnya saat remaja tergolong kecil dimana ia hanya memiliki tinggi 1,75 meter. Namun, saat memasuki usia 17 tahun postur tubuh Robinson kian bertambah dan menjadi 1,98 meter.


Mengetahui hal tersebut pelatih basket sekolahnya kemudian memasukkan Robinson kedalam tim hingga ia mendapat reputasi baik dalam bidang basket di sekolahnya. Namun, reputasi tersebut tak membuat banyak pelatih di universitas mau merekrutnya. 


Oleh karena itu, Robinson memilih untuk melanjutkan studinya di US Naval Academy setelah lulus sekolah dan tetap bermain basket di akademi tersebut.


David Robinson

Pada saat itu, US Naval Academy berpartisipasi di kompetisi NCAA. Robinson berhasil mencatatkan 28.2 ppg, 11.8 rpg, dan 4.5 bpg pada musim terakhirnya dan meraih penghargaan NCAA Player of the Year pada tahun 1987. 


Alih-alih mengikuti NBA Draft 1987, Robinson justru memilih bergabung ke US Navy dan menjadi petugas teknik sipil markas angkatan laut di Georgia. Robinson baru masuk ke NBA pada draft tahun 1989 dan dipilih pada urutan pertama oleh San Antonio Spurs. 


Di musim rookienya, Robinson tampil dengan luar biasa dengan mencatatkan 24.3 ppg, 12.0 rpg, dan 3.89 bpg serta mengantarkan Spurs ke semifinal wilayah barat dan mendapat enam kali penghargaan Rookie of the Month, masuk NBA All Star, dan meraih gelar Rookie of the Year.


David Robinson dan Tim Duncan

Di San Antonio Spurs, Robinson yang dijuluki “The Admiral” bertemu dengan rekannya, Tim Duncan yang dijuluki “The Big Fundamental” membentuk duet legendaris yang diberi julukan “Twin Towers”. Mereka berhasil berhasil meraih dua gelar juara NBA pada tahun 1999 dan 2003.


David Robinson Hall of Fame

Robinson juga pernah terpilih menjadi NBA MVP pada tahun 1995 dan 10 kali masuk NBA All Star. Oleh karena itu, ia dianggap sebagai salah satu legenda Spurs dan namanya juga telah tercatat pada Naismith Basketball Hall of Fame.

Tidak ada komentar