Vaksin Booster tidak mampu halangi varian Omicron?

Omicron varian corona covid-19


Virus Corona masih belum mereda. Kini salah satu varian dari virus ini yakni Omicron telah menyebar ke 144 negara di dunia sejak pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Masyarakat tetap diminta waspada karena varian dari corona ini lebih mudah menular. Pemerintah pun sudah menyiapkan vaksin booster guna menghadapi gelombang varian Omicron ini.


Namun fakta baru datang dari Israel, seorang pejabat Isarel mengucapkan bahwa empat suntikan vaksin pun tidak mencegah orang terjangkit Omicron. Dari hasil percobaan membandingkan orang yang sudah mendapatkan dosis keempat dengan mereka yang sudah memiliki tiga dosis, dan ditemukan sedikit perbedaan.


Dosis ekstra dari salah satu vaksin Pfizer atau Moderna memiliki beberapa efek diaman ingkat infeksi dalam penelitian ini tidak jauh berbeda dengan mereka yang memiliki tiga dosis Pfizer, kata pejabat penelitian setempat.


Temuan ini jika dikonfirmasi benar adanya dan kemudian diperiksa oleh ilmuwan lain tentu dapat meningkatkan seruan untuk pengembangan versi baru vaksin COVID-19. Padahal saat ini beberapa jenis vaksin baru sudah dalam tahap awal pengembangan.


Uji coba ini dilakukan Israel di Sheba medical middle sebulan yang lalu, dan mereka kini sedang menyelidiki efek booster Pfizer pada 154 orang dan booster Moderna pada one hundred twenty orang, menurut Reuters.

Tidak ada komentar