16 Februari 1992: Nomor ke-5 Lakers

Sumber: -
 

Nama Magic barangkali sudah melekat begitu kuat pada sosok Earvin Johnson. Pemain yang masuk NBA pada musim 1979 ini memiliki nama asli Earvin Johnson dan lahir pada 14 Agustus di Lansing, Michigan dan punya 9 orang saudara. Masa kecilnya banyak ia habiskan dengan bermain basket bersama dengan teman-temannya.


Ia lalu terpilih di urutan pertama oleh LA Lakers ketika ia berusia 19 tahun. Bermodal tinggi badan 2,06 CM, ia menjadi salah satu pemain unik di era 80-an. Mengambil posisi sebagai point guard, ia merupakan point guard tertinggi di masa itu dan punya kemampuan olah bola dan kontrol fisik yang mumpuni.


Sumber: -

Pada musim rookie-nya, ia segera mendominasi NBA dengan menjadi MVP final tahun 1980. Tidak berhenti sampai di situ, ia juga menjadi salah satu pabasket yang disebut-sebut mengubah permainan basket. Ia mengubah stigma dari peran seorang point guard yang dulunya hanya dipandang sebagai pembagi bola dan umumnya ditempati pemain bertubuh lebih kecil.


5 gelar juara yang ia persembahkan untuk Lakers selama aktif sebagai pemain menjadi alasan tim asal Los Angeles memensiunkan nomor 32 yang senantiasa melekat pada 12 kali all star tersebut. 


Pada jeda pertandingan Celtics melawan lakers di Great Western Forum, jersey besar bernomor 32 dibawa ke tengah arena dan resmi dipensiunkan. Nomor punggung tersebut sekaligus jadi yang kelima dipensiunkan. Sebelum Magic, jersey yang telah digantung adalah milik Jerry West, Elgin Baylor, Wilt Chamberlain, dan Kareem Abdul-Jabbar.

Tidak ada komentar