3 Februari 1980: Tembakan 3 Point Pertama All Star Game

Sumber: NBA.com

Saat ini, 3 point merupakan salah bagian dari variasi strategi dan merupakan bagian penting dari permainan bola basket. Namun, bila kembali pada era awal bola basket dimainkan, 3 point bahkan belum termasuk dalam alternatif dalam mencetak angka demi kemenangan.


Barulah pada musim 1979-1980 aturan mengenai tripoin diterapkan, bertepatan dengan musim rookie dari dua legenda, Earvin "Magic" Johnson dan Larry Bird. Nama terakhir juga dikenal sebagai salah satu penembak tiga angka terbaik sepanjang sejarah liga basket tertinggi di Amerika tersebut,


Sumber: USATSI

All Star pada musim tersebut akhirnya menjadi salah satu peristiwa penting terjadi. Mendapat bola di pojok saat pertandingan All Star, ia melepaskan tembakan tiga angka pertama dalam kemenangan tim wilayah timur, 144-136 atas wilayah barat yang saat itu dipekuat oleh Magic Johnson.


Setelah momen penting tersebut, pertandingan All Star pun menjadi salah satu ajang di mana para penembak ulung di NBA memperlihatkan kemampuannya. Seperti yang terjadi pada All Star 2021 kemarin, tatkala Damian lillard dan Stephen Curry sukses memasukkan bola meski melepas tembakan dari dekat garis tengah lapangan. 

Tidak ada komentar