5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Cleveland Cavaliers

Sumber: Fear The Sword

Sejak awal bergulir di tahun 1946, pihak NBA selaku peneyelenggara liga basket tertinggi di Amerika gencar melaksanakan ekspansi tiap beberapa tahun untuk mengembangkan olahraga basket di negeri Paman Sam. Salah satu bagian dari ekspansi tersebut adalah kala NBA membuka franchise tim di beberapa kota.


Sebagai salah satu kota yang jadi basis pendirian dari waralaba tim NBA, Cleveland mendapat jatah tim pada tanggal 6 Februari. Karena hal tersebut, berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Cleveland Cavaliers.


Sumber: -

Sejarah

Tim ini didirikan bersamaan dengan tim dari Portland dan Buffalo (yang kemudian jadi LA Clippers) pada tanggal 6 Februari 1970. Menariknya, nama Cavaliers sendiri dipilih dari sebuah hasil poling yang melibatkan banyak fans. Berdasarkan hasil voting yang telah dilakukan, nama yang diusulkan oleh Jerry Tomko tersebut lah yang resmi digunakan hingga sekarang.


Sumber: -

Arena pertandingan

Cleveland Cavaliers sempat beberapa kali mengalami perpindahan arena pertandingan untuk pelaksanaan laga kandang. Meski begitu, seluruh tempat pelaksanaannya masih berada di kota Cleveland. Mulai dari Cleveland Arena yang jadi venue pertama hingga tahun 1974.


Setelahnya, tim berpindah markas ke Richfield Coliseum hingga tahun 1994. Barulah pada tahun 1994, Rocket Mortgage FieldHouse jadi tempat Cavaliers mengadakan pertandingan kandangnya hingga saat ini dan akan menjadi tempat pelaksanaan all star tahun 2022 ini.


Sumber: -


Prestasi

Sebagai salah satu tim yang telah berusia lebih dari 50 tahun, Cavaliers baru dapat menemukan kejayaannya pada era 2000-an. Tim berjersei marun emas ini telah menjadi jaura wilayah timur sebanyak 5 kali, tepatnya di 2007 dan 2015 - 2018. Meski begitu, tim ini baru peroleh juara di musim 2015-2016 dengan mengandaskan Golden State Warriors di final NBA lewat aksi bangkit dari ketertinggalan 1-3.


Sumber: -

Legenda

Bicara tentang Cavaliers, tentunya berbicara tentang seorang LeBron James. Meski hanya sekali membawa tim tersebut juara, pengaruh LeBron masih tetap terasa hingga saat ini. Pasalnya, sang pemain mampu membawa tim ini ke semua final NBA yang tercatat dalam sejarah tim. Selain LeBron, tentunya ada nama Larry Nance, Austin Carr, hingga Nate Thurmond. Tercatat, setidaknya ada 7 jersei yang telah dipensiunkan oleh tim ini.


Sumber: -

Kondisi terkini

Setelah ditinggal LeBron James ke Lakers, tim ini sudah bukan menjadi tim pesaing gelar juara. Meski demikian, dalam fase membangun kembalinya, Cavs sudah mulai menampakkan hasil dari proses tersebut. Lewat skeam tim yang andalkan para pemain besarnya, JB Bickerstaff berhasil bawa Cavaliers patahkan sejumlah prediksi awal musim.

Tidak ada komentar