Basket dan Kanker

Sumber: -

Setiap tahun, tanggal 4 Februari senantiasa diperingati hari kanker sedunia. Setiap tahunnya, penyakit ini menyebabkan kematian lebih dari 500 ribu orang. Tidak hanya itu, kanker ini pun tidak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja, termasuk para pemain basket di liga tertinggi di Amerika, NBA.


Setidaknya, ada dua kasus kanker ternama yang pernah menjangkiti pemain NBA. Pemain pertama yang diketahui adalah seorang Wayman Tisdale. Pemain yang pernah bermain untuk Indiana Pacers ini dinyatakan mengidap kanker lutut pada 2007.


Akibat dari penyakitnya tersebut, ia harus merelakan kaki kanannya diamputasi pada 2008. Sayangnya, nyawanya tidak tertolong pada 15 Mei 2009 dan harus mengembuskan nafas terakhir di St. John Medical Center, Tulsa.


Sumber: -


Nama kedua adalah pemain ternama. Pada tahun 2009, ia mengumumkan bahwa ia mengidap kanker darah atau leukemia, ia adalah Kareem Abdul Jabbar. Beruntung, sang legenda Milwaukee Bucks dan LA Lakers tersebut masih bisa bertahan dari penyakitnya setelah melewati serangkaian pengobatan.


Menjadi atlet tidak merta menghindarkan seseorang dari beragam penyakit. Karena hal tersebut, menjaga kesehatan senantiasa harus dilakukan. Sebab, bila seorang atlet yang senantiasa berolahraga saja bisa kena, apalagi orang yang jarang berolahraga.

Tidak ada komentar