Disemai Nowitzki, Dipupuk Curry

Sumber: -

"You change the game! This is your fault!", ujar Giannis dengan nada bercanda pada Stephen Curry setelah Karl Anthony-Towns memenangkan kontes tembakan tiga angka. Walau tidak sepenuhnya benar, apa yang dikatakan Giannis pun tidak pernah salah.


Tiga gelar juara yang diraih oleh Stephen Curry bersama Golden State Warriors menjadi salah satu alasan perubahan radikal dari liga basket tertinggi di Amerika yang awalnya berorientasi pada pemain bertubuh besar, ke pemain dengan akurasi mencetak angka yang baik. 


Namun, ketika para big man dituntut untuk bisa melepas tripoin, tidak semuanya disebabkan seorang Stephen Curry. Butuh lebih dari satu keping domino untuk dapat menggerakkan perubahan NBA yang telah berjalan berpuluh-puluh tahun, dan salah satu bidak pentingnya adalah Dirk Nowitzki.


Sumber: USATSI

Pemain yang masuk pada 1998 tersebut bisa disebut sebagai pelopor big man shooter, atribut yang juga lekat pada diri juara kontes tembakan 3 point tahun ini, Karl Anthony-Towns. hampir 2000 tembakan luar garis perimeter telah dicetak pemain asal Jerman tersebut sepanjang kariernya. 


Walau tidak serta merta mengubah jalannya liga ke permainan yang lebih luas, Dirk Nowitzki telah menjadi bukti nyata bahwa seorang pemain bertubuh lebih dari 2 meter juga bisa menjadi penembak akurat alih-alih hanya mengandalkan besar tubuhnya untuk cetak dua angka.


Sumber: USA Today

Setelah Dirk telah menunjukkan kepada dunia bahwa semua orang bisa menjadi penembak akurat, maka selanjutnya adalah menunjukkan bahwa menembak dari jarak yang lebih jauh dapat menjadi fondasi permainan sebuah tim. Maka setelah Mavericks merajai NBA di 2011, tiga gelar juara NBA Golden State Warriors menyadarkan para penikmat basket bahwa kemampuan menembak bisa menjadi senjata yang mematikan.


Pada akhirnya, perubahan NBA zaman sekarang tidak hanya didorong oleh Stephen Curry semata, namun juga telah disemai Dirk Nowitzki para 2000 hingga 2010. Perubahan ini tidak hanya menjadikan basket tidak lagi berorientasi di dalam area setengah lingkaran, namun juga semakin melebar dan memungkinkan semakin beragamnya kombinasi taktik permainan yang membuat basket semakin menarik untuk ditonton.

Tidak ada komentar