Most Impactful Player

Sumber: Getty Images

Setiap pemain basket tentunya ingin tampil sebagai pahlawan ketika bermain. Namun, di dunia basket sekarang ini, setiap orang memiliki perannya masing-masing dalam membantu jalannya sebuah tim. Bahkan, untuk sekadar membantu di tim basket kesayangan, tidak melulu tentang bermain di atas lapangan.


Bicara tentang pengaruh di atas lapangan, setiap tim tentunya memilikinya dan menjadi jantung permainan tim tersebut. Bila sang pemain tersebut tidak berdiri di atas lapangan, maka bisa saja timnya akan alami masalah dalam pertandingan yang sedang dilakoni.


Untuk mengukur dampak seorang pemain di atas lapangan, ada indikator yang dapat digunakan. Umumnya disebut sebagai on/off net rating. Statistik tersebut diperoleh dari kombinasi plus minus seorang pemain saat di lapangan dengan plus minus saat pemain tersebut tidak berada di atas lapangan.


Sumber:  Getty Images

Berdasarkan indikator tersebut, maka Nikola Jokic adalah pemain dengan dampak paliong signifikan bagi timnya, Denver Nuggets. Selama pemain Serbia ada di lapangan, ia mampu membawa timnya mengungguli lawannya sebesar 15,3 poin. Namun, saat ia tengah beristirahat di pinggir lapangan, timnya malah tertinggi 5,4 poin dari lawannya. Jarak dari kombinasi dua statistik tersebut menciptakan on/off net rating Jokic sebesar 20,7. 


Di bawah Jokic, pemain paling berpengaruh untuk timnya adalah Stephen Curry dengan selisih sebesar 15. Setelahnya berturut-turut adalah Giannis Antetokounmpo, DeMar DeRozan, Joel Embiid, dan Chris Paul. 


Terlepas dari statistik-statistik tersebut, memberi dampak ke permainan timnya adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang pemain profesional. Lewat peran yang diberikan pelatih, maka sang pemain sudah seharusnya melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tidak ada komentar