Warriors yang Mulai Tidak Stabil

Sumber: Getty Images
 

2 menang dari 7 pertandingan terakhir. Bukan. Itu bukan statistik Los Angeles Lakers, tapi statistik salah satu tim terbaik di NBA saat ini, Golden State Warriors. Mereka terpaksa menelan 5 kekalahan dari 10 pertandingan yang mereka lakoni. Terbaru, mereka harus menyerah dari Dallas Mavericks, 101-107.


Salah satu perkara klasik yang menimpa Golden State Warriors musim ini adalah cedera. Sejak awal musim, mereka tidak pernah sekalipun turun dengan line up ideal mereka yang diproyeksikan terdiri dari Stephen Curry, klay Thompson, Andrew Wiggins, Draymond Green, dan James Wiseman.


Walau sempat mengguncang NBA dengan permainan bertahan yang sangat optimal, lambat laun tim lain pun mulai beradaptasi dan menemukan penangkal dari formula Steve Kerr tersebut. Hal lain yang patut disoroti dari peraih 6 gelar juara tersebut adalah bagaimana mereka memiliki role player yang sangat mumpuni.


Sumber: Getty Images

Sayangnya, pemain seperti Juan Tsocano-Anderson dan Nemanja Bjelica perlahan mulai menurun dan sulit menemukan form kembali. Walau Jonathan Kuminga bisa tampil semakin dewasa, itu tidak membantu banyak tim yang kehilangan beberapa pilar penting seperti Andre Iguodala dan Draymond Green di tengah musim.


Kehadiran Draymond Green memang menjadi salah satu yang paling dibutuhkan. Bila Stephen Curry dan Klay Thompson adalah motor serangan tim asal San Fransisco, maka pemain bernomor punggu 23 tersebut adalah fondasi bertahan dan menyerang timnya.


Bila Draymond ada di atas lapangan, Steph dan Klay bisa lebih fokus dalam menyerang. Pasalnya, sepeninggal pemain yang masuk tahun 2012 tersebut, praktis serangan Warriors dimulai oleh Stephen Curry. Bahkan, ketiga pemain utama dari Warriors tersebut belum pernah bermain bersama di musim ini.


Sumber: Getty Images

Selain perkara cedera, pencapain Warriors musim ini nampaknya juga membuat sang pelatih, Steve Kerr percaya diri untuk mulai memikirkan Playoff. Di saat tim lain masih berpacu untuk mencari posisi di klasemen, Kerr sudah mencari kombinasi pemain dari bangku cadangan yang bisa ia percaya di babak gugur.


Hal ini terlihat saat kuarter pamungkas pertandingan kontra Mavericks. Alih-alih menurunkan formasi terbaiknya, Kerr malah mempercayakan Jonathan Kuminga yang sedang tampil buruk, Nemanja Bjelica, dan Damion Lee bermain lebih dari 10 menit.


Sumber: Getty Images

Kabar baiknya, Wiseman dan Draymond Green nampaknya akan segera kembali walau tidak dalam waktu dekat. Keduanya diberitakan sudah kembali untuk berlatih bersama tim, meski masih sebatas latihan ringan. Melihat bagaimana Warriors sanggup mengguncang NBA dengan performa ajaibnya di awal musim,, bukan tidak mungkin mereka akan melangkah jauh di playoff.


Padahal, lewat kombinasi pemain veteran dan pemain mudanya, Warriors sempat diragukan bisa bersaing di awal musim apalagi ditambah kondisi cap space yang menyedihkan. Namun, Warriors membuktikan diri bisa menjadikan musim ini sebagai jembatan yang menghubungkan kejayaan dari dinasti big three mereka dengan sejumlah aset yang mereka miliki saat ini.

Tidak ada komentar