2 Maret 1962: Sekali Seratus Poin

Sumber: -

Wilton Norman Chamberlain adalah salah satu nama yang sangat spesial dalam sejarah liga basket tertinggi di Amerika. Selain tercatat sebagai 13 kali all star, 4 kali MVP, dan 2 kali juara NBA, ia akan selalu dikenang dengan rekor poin terbanyak yang ia cetak saat berhadapan dengan New York Knicks.


Bermain tanpa pernah beristirahat, pemain bertinggi badan 216 CM tersebut sukses memasukkan 100 poin lewat 36 field goal dan 28 tembakan bebas. Sejumlah angka tersebut jadi rekor terbanyak yang pernah dicetak seorang pemain dalam sebuah pertandingan. Setidaknya ada 8 rekor yang dipecahkan Wilt dalam pertandingan yang dihadiri 4124 orang tersebut.


Selain Chamberlain, hal unik lain dari pertandingan tersebut adalah adanya 3 pemain tim tamu yang mencetak lebih dari 30 poin. Mereka adalah Richie Guerin, Willie Naulls, dan Cleveland Buckner. Rekor 100 poin yang dibuat pada hari itu pun seakan menjadi sesuatu yang mustahil untuk diulang kembali.


Sumber: San Fransisco Chronicle

Ada beberapa faktor yang akhirnya menyebabkan rekor 100 poin Wilt sangat sulit untuk diulangi adalah ketiadaan garis 3 angka yang membuat orang-orang berupaya memasukkan bola sedekat mungkin, efektifitas serangan, serta bagaimana permainan yang masih sangat berorientasi pada center.


Sejumlah faktor tersebut pada akhirnya menjadikan Wilt Chamberlain yang memang pada dasarnya sudah memiliki kemampuan dasar yang luar biasa, ditambah permainan yang sangat berorientasi pada center, membuat raihan 100 poin Chamberlain bisa terjadi dan sulit untuk terjadi di era sekarang yang memiliki permainan yang lebih melebar dan tidak berorientasi pada satu posisi.


Terlepas dari kemustahilan untuk mengulangi rekor Wilt tersebut, apa yang dillakukan sang center adalah sesuatu yang sangat luar biasa dan patut mendapat apresiasi. Mengingat, dirinya sendiri pun tidak pernah berhasil mencapai rekor tersebut sekali lagi.

Tidak ada komentar