Break The Ankle

 

Sumber: Fansided.com

Kuarter pertama bersisa satu menit lebih, Rockets unggul jauh dari Clippers, 28-7. Seperti biasa, James Harden memegang bola. Ia mencoba melakukan penetrasi ke area dalam perimeter sambil dijaga ketat oleh Wesley Johnson. Ia percepat gerakanya, dan seketika berhenti, Wesley Johnson yang kepalang mendapat sedikit dorongan pun kehilangan kesempatan untuk ikut berhenti dan hilang keseimbangan, ia jatuh. Ankle break.


Kurang lebih, begitulah salah satu momen ankle break terbaik yang pernah terjadi dalam sejarah liga basket tertinggi di Amerika, NBA. Gerakan menjatuhkan lawan dengan menggoyah titik keseimbangan jadi momen keren bagi mereka yang berhasil melakukan dan menjadi saat yang memalukan bagi mereka yang jadi korbannya.


Lakukan ankle break adalah perkara sulit. Tidak hanya butuh kemampuan dribel bola yang mumpuni, seorang pemain juga butuh kejelian melihat situasi dari lawannya sebelum ia beralih posisi dengan cepat.


Sumber: ESPN

Sebagai salah satu wadah hiburan, basket senantiasa membutuhkan momen-momen yang patut untuk diingat dan memicu teriakan kagum para penonton. Sebut saja seperti double ankle break Allen Iverson atau ankle break seorang Michael Jordan di final NBA.


Pada akhirnya, perkara ankle break adalah perkara sulit. Tidak banyak pemain yang bisa melakukannya. Ankle break pun merupakan bagian dari hiburan sekaligus ujian kemampuan bertahan seorang pemain. Maka jangan heran bila momen ankle break Allen Iverson ke Michael Jordan adalah yang terburuk untuk Jordan, mengingat ia dikenal sebagai pemain dengan kemampuan bertahan kelas wahid.


Kembali lagi ke aksi James Harden, permainan tersebut juga menjadi salah satu pemicu kemenangan timnya 105-92 kontra Clippers di mana Harden memasukkan 25 poin. Aksi tersebut barangkali hanya sekadar sebuah bentuk hiburan dan pamer skill dari Harden, namun lebih dari itu, momen itu juga seakan jadi momen perpisahan untuk Wesley Johnson yang kemudian tak lagi bermain di NBA semusim setelahnya.

Tidak ada komentar