Dubs Are in Trouble

Sumber: Getty Images

Hanya 2 kemenangan, demikianlah hasil yang diperoleh Golden State Warriors dalam 10 pertandingan terakhir mereka dalam lanjut musim reguler liga basket tertinggi di Amerika. Terbaru, mereka ditumbangkan Los Angeles Lakers, 116-124.


Salah satu alasan yang paling mudah untuk menjelaskan merosotnya permainan dari Stephen Curry dan kolega tentunya adalah ketiadaan Draymond Green. Setelah pemain yang baru saja berulang tahun tersebut, Warriors sempat alami 12 kemenangan dan hanya dapatkan 4 kekalahan.


Namun, semuanya berubah pada 10 pertandingan terakhir. Kombinasi antara absennya Draymond dan jadwal yang sulit akhirnya membuat pasukan Steve Kerr derita 8 kekalahan dan membuat mereka melorot ke posisi 3 klasemen sementara wilayah barat.


Sumber: Getty Images

Ketiadaan Draymond jelas sangat berpengaruh, walau permainannya jarang terlihat bila kita melihat box score. Pasalnya, apa yang dilakukan Draymond adalah permainan bertahan serta memberikan umpan-umpan yang dapat menghasilkan situasi di mana pergerakan bola Warriors bisa berjalan dengan baik.


Aspek lain yang membuat Draymond demikian penting bagi Warriors adalah ia mampu membuat Curry tidak harus memikirkan tentang playmaking serta siap menjadi screen bagi Steph yang tengah melakukan gerakan tanpa bola. Tidak lupa Draymond adalah sosok pemimpin yang mampu memberikan tekanan serta semangat kepada teman satu timnya yang saat ini tengah alami penurunan moral.


Selain faktor absennya Draymond Green, melempemnya sejumlahnya nama juga turut andil dalam berikan pengaruh dalam performa minor pemilik 6 gelar juara tersebut. Sebut saja seperti Jordan Poole, Andrew Wiggins, serta beberapa role player.


Sumber: Getty Images

Tidak kalah penting pula adalah bagaimana ukuran badan turut berpengaruh dalam permainan Warriors. Kevon Looney memang sempat tampil gila dalam rebound, namun keterbatasannya dalam bertarung di bawah ring akhir bisa diekspos oleh beragam tim sehingga Steve Kerr terpaksa membatasi waktu bermainnya. Ditambah ketiadaan Draymond, membuat aspek perebutan bola di paint area hanya dapat mengandalkan Kevon Looney.


Sebenarnya, Warriors masih punya Nemanja Bjelica, seorang stretch four yang mampu membagi bola. Namun, sang pemain belum terlalu menyatu dengan pola pelatih sehingga masih kurang diberi kepercayaan. Sedangkan dua bigman terakhir mereka, Wiseman dan Draymond pun masih dibekap cedera.


Terakhir, Steve Kerr nampaknya masih sering lakukan percobaan komposisi terhadap skuadnya. Terlihat dari jumlah menit bermain pemainnya yang hanya ada 2 pemain dengan menit bermain terlama, Stephen Curry dan Andrew Wiggins. Itupun keduanya bermain di bawah 36 menit permainan, yang berarti setidaknya dalam satu pertandingan keduanya beristirahat selama lebih dari 1 kuarter.


Selama beberapa waktu ke depanDRAYM, para pendukung Warriors barangkali masih akan mengalami kekecewaan karena kekalahan deretan kekalahan yang mereka peroleh. Namun, melihat kondisi Draymond yang sudah berlatih 3 lawan 3, begitu juga Wiseman yang diproyeksikan bakal kembali tengah bulan ini, Warrios bisa saja akan segera kembali menjadi Warriors yang kita kenal pada awal musim.

Tidak ada komentar