Kenapa Luka Doncic Menggunakan Nomor Punggung 77?

Sumber: -


Luka Doncic adalah salah satu sensasi di NBA sejak pertama kali dirinya bermain di NBA. Ia memecahkan rekor demi rekor dan berhasil meraih sejumlah gelar bergengsi. Dalam 4 tahun kariernya di NBA, ia sudah berpartisipasi dalam 3 all star game dan menggondol gelar rookie of the year pada 2019. Tidak hanya itu, pemuda Slovenia juga dua kali membawa timnya, Dallas Mavericks ke playoff dua musim beruntun meski selalu kalah oleh LA Clippers. 


Sejumlah prestasi tersebut tentunya meningkatkan popularitas seorang Luka Doncic di dunia basket. Sudah bukan rahasia lagi bila ia adalah Euroleague MVP termuda dan pernah bermain di Real Madrid. Hal lain yang menjadi populer seiring naiknya pamor pemain yang baru saja merayakan ulang tahun ke-23 tersebut adalah nomor punggungnya. Namun, kenapa Doncic memilih nomor 77?


Sumber: -

Sejatinya, Doncic menyukai dan selalu ingin menggunakan nomor punggung 7. Hal tersebut disebabkan karena dirinya menyukai pemain eropa, Vassilis Spanoulis yang mengenakan tersebut saat Doncic bertumbuh menonton basket. Saat bergabung dengan Real Madrid, Doncic diberikan nomor tersebut.


Barulah pada 2014, Doncic bersentuhan dengan nomor punggung yang akrab dengan dirinya kini. Saat bergabung dengan tim nasional Slovenia, ia terpaksa mengalah pada pemain veteran, Kleman Prepelic. Doncic muda tidak dapat memaksa kenakan nomor 7 karena Prelepic lebih senior dan merupakan pemain utama untuk timnas Slovenia. Ia pun mengakali situasi tersebut dengan menambahkan angka 7 lain ke angka favoritnya tersebut sehingga jadilah 77 menempel di bawah nama Doncic di seragam tim nasionalnya.


Sumber: -

Hal yang sama juga alami saat dipilih oleh Dallas Mavericks pada NBA Draft 2018. Nomor 7 kesukaan pemain yang menyukai pelajaran matematika tersebut sudah dimiliki oleh Dwight Powell. Karena sudah pernah alami nasib yang sama, Doncic tanpa ragu menggunakan nomor punggung 77 lagi. Hingga kini, Doncic pun masih menggunakan nomor tersebut walau ia adalah pemain terbaik di setiap tim yang ia bela.


Lalu, apakah Doncic adalah pengguna nomor punggung 77 terbaik? Setidaknya, ada 14 pemain yang pernah menggunakan nomor tersebut dalam sejarah NBA. Ada nama seperti Demarre Carroll, Vincent Poirier, Ersan Ilyasova, serta Andrea Bargnani yang juga pernah menggunakan nomor tersebut. Ketimbang sejumlah nama yang telah disebutkan, apa yang dicapai Doncic dalam 4 musim berkarier saja sudah membuatnya menjadi pemiliki nomor 77 paling hebat sepanjang sejarah liga basket tertinggi di Amerika tersebut.


Sumber: -

Menariknya, legenda Dallas Mavericks yang juga menjadi ikon tim tersebut, Dirk Nowitzki juga terpaksa mengubah nomor punggungnya karena nomor favoritnya sudah terlebih dahulu digunakan orang lain di Mavericks. Apakah ini menjadi indikasi Doncic punya garis yang sama dengan Nowitzki?

Tidak ada komentar